PSSI Jalin Kerjasama dengan KNVB, Sepak Bola Indonesia Kian Kental 'Aroma' Belanda

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 25 Sep 2024, 18:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
PSSI menjalin kerjasama dengan KNVB. PSSI menjalin kerjasama dengan KNVB. (dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - PSSI resmi menjalin kerjasama dengan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) demi percepatan prestasi sepakbola Indonesia. Ini adalah kelanjutan dari pertemuan yang dilakukan kedua federasi pada bulan Mei lalu. Apa saja manfaatnya bagi sepak bola Indonesia? 

Ada beberapa pertimbangan PSSI menjalin kerjasama dengan KNVB. Salah satunya terkait prestasi tim Negeri Kincir Angin itu di sepak bola. Selain itu, pembinaan terstruktur Belanda di berbagai level usia juga jadi dasar kolaborasi antar federasi yang punya hubungan historis itu.

Baca juga: Ketua Umum PSSI Erick Thohir Minta LIB Usut Tuntas Kericuhan Bobotoh Pasca Laga Persib vs Persija

"Ini kelanjutan dari pertemuan pada bulan Mei lalu, yakni PSSI dan KNVB sepakat untuk mengembangkan hubungan yang lebih kuat antara asosiasi masing-masing untuk keuntungan bersama, perkembangan promosi, dan kesuksesan sepakbola yang berkelanjutan di setiap negara," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dalam keterangan resmi, Rabu (25/9/2024).

"Indonesia tentu yang akan banyak belajar, dan saya senang karena KNVB siap membantu dan memberikan apa yang kami butuhkan," ujar menteri BUMN itu menambahkan. 

Dalam kunjungannya, KNVB diwakili Gijs de Jong sebagai Secretary General - KNVB, lalu Michael van der Star (Head of International Program & WorldCoaches) dan Ruud van der Sar (Head of Sales, New Partnership ). Menurut Erick Thohir, Dalam pertemuan itu juga ditandatangani nota kesepakatan untuk mempromosikan sepak bola di berbagai level internasional.

"Salah satu poin dari kemitraan ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman tim nasional Indonesia di semua kelompok umur baik putra maupun putri. Dengan fokus utama pada peningkatan kualitas pemain bertalenta dan berusia muda, kami optimistis akan banyak pemain berbakat Indonesia kian berkembang melalui kerjasama ini," lanjut Erick

Selain PSSI dan KNVB akan rutin mempertemukan timnas kedua negara dalam laga-laga persahabatan, Erick juga menyatakan babak baru kerjasama antara PSSI dan KNVB juga difokuskan pada berbagai proyek pengembangan. Salah satunya, pendidikan pelatih.

Kerjasama PSSI dan KNVB sekaligus menambah kental 'aroma' Belanda di sepak bola Indonesia. Seperti diketahui, sebelumnya PSSI juga terbantu oleh bergabungnya sederet pemain naturalisasi asal Belanda ke Indonesia. Mereka kini kekuatan baru dan jadi tulang punggung skuad Garuda. 

Halaman
x|close