3 Cara Timnas Indonesia ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

NTVNews - 28 Mei 2024, 11:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Timnas Indonesia saat bertemu Vietnam Timnas Indonesia saat bertemu Vietnam (Dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Timnas Indonesia mulai menpersiapkan diri menghadapi dua laga putaran kedua babak kualifikasi Piala Dunia 2024 zona Asia. Peluang Tim Merah Putih ke putaran berikutnya terbuka lebar.

Indonesia berada di grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina. Saat ini, pasukan Shin Tae-yong menempati urutan kedua dengan 7 poin berkat dua kemenangan lawan Vietnam dan sekali imbang lawan Filipina. 

Sementara di urutan pertama bercokol Irak dengan 12 poin dan sudah menyegel satu tempat di putaran ketiga. 

Indonesia saat ini masih menyisakan dua pertandingan melawan Irak (3/6) dan Filipina (11/6). Kedua laga tersebut akan berlangsung di Jakarta.

Untuk melaju ke putaran ketiga, Timnas Indonesia hanya butuh satu kemenangan. Tambahan tiga poin membuat Indonesia mengemas 10 poin. Vietnam yang baru mengemas 3 poin tidak mungkin mengejar meski mampu menyapu bersih seluruh laga tersisa.

Timnas Indonesia merayakan gol di sebuah pertandingan <b>(Dok PSSI)</b> Timnas Indonesia merayakan gol di sebuah pertandingan (Dok PSSI)

Dengan demikian, satu kemenangan lawan Filipina atau Irak sudah cukup mengantar timnas ke putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Lalu adakah skenario lainnya?

Bila Indonesia hanya mampu meraih hasil imbang dalam dua laga, maka Timnas Indonesia harus bersiap beradu selisih gol dengan Vietnam bila mereka mampu memenangkan 2 laga tersisa.

Lalu bagaimana bila Indonesia kalah melawan Irak dan Filipina?

Dalam skenario terburuk ini, Indonesia hanya berharap Vietnam juga terpeleset di salah satu pertandingannya. Indonesia juga akan lolos ke putaran ketiga bila Vietnam sampai seri apalagi kalah dalam dua laga terakhirnya.

Sementara itu Timnas Indonesia mulai mempersiapkan diri sejak hari ini, Selasa (28/5/2024).

Sebanyak 22 pemain telah dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan ini. Mereka berasal dari klub Liga 1 dan pemain yang berlaga di luar negeri seperti Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Jordy Amat, hingga Jay Idzes.

Tidak ada nama Witan dalam skuad timnas Indonesia kali ini. Pemain Bhayangkara FC itu sedang mempersiapkan ibadah haji ke Tanah Suci. Sedangkan dua sosok naturalisasi Elkan Baggott dan Marc Klok memang tidak dipanggil oleh Shin Tae-yong.

Akun Instagram Timnas Indonesia memperlihatkan para pemain yang sudah berdatangan ke ibu kota. Tampak dalam unggahan tersebut pemain Dewa United, Egy Maulana Vikri.

Selain itu, terlihat juga sosok Marselino Ferdinan dan Alfeandra Dewangga hingga pemain naturalisasi Justin Hubner. Pelatih Shin Tae-yong juga sudah bergabung dengan para pemain di hotel.

Selama mengikuti TC, timnas juga akan menjalani satu laga uji coba melawan Tanzania, Minggu (2/6/2024).

Halaman
x|close