Soal Konsep Seragam Kontingen Indonesia untuk Olimpaide 2024, Begini Kata Putra Prabowo Didit Hediprasetyo

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 13 Jul 2024, 13:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Didit Hediprasetyo (dua dari kiri) saat peluncuran seragam kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024. Didit Hediprasetyo (dua dari kiri) saat peluncuran seragam kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024. (NOC Indonesia)

Ntvnews.id, Jakarta - Nama Didit Hediprasetyo kembali muncul ke permukaan. Putra tunggal Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, itu mencuri perhatian lewat salah satu karyanya, yakni seragam kontingen Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024 yang dluncurkan, Kamis (4/7/2024). 

Reveal Jersey Merah Putih berlangsung di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, 4 – 5 Juli 2024. Hadir dalam peluncuran tersebut, Raja Sapta Oktohari selaku ketua umum Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Anindya Novyan Bakrie selaku Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo hingga Menteri BUMN, Erick Thohir. 

Seragam resmi Tim Indonesia didominasi warna merah dan putih, dengan lambang Garuda Pancasila dalam perisai lingkaran berlatar belakang hitam yang ditempatkan di dada sebelah kiri. Bagi para atlet, official NOC Indonesia, dan tim Chef de Mission (CdM), terdapat 2 set seragam dan, merchandise resmi yang wajib digunakan saat pengukuhan, pelepasan kontingen, serta saat keberangkatan dan kepulangan kontingen atau acara resmi lainnya termasuk konferensi pers.

Terdapat juga 1 set seragam motif yang khusus dikenakan saat penerimaan medali. Selain itu, kontingen Indonesia juga dibekali dengan set seragam tambahan yang wajib digunakan pada saat latihan dan di area resmi lainnya. Khusus para atlet yang berlaga, terdapat pakaian olahraga berupa T-shirt, short pants, track pants dan jersey playing kit sesuai cabang olahraga yang membutuhkan busana berbeda (seperti weightlifting, rowing, gymnastic, dan athletic).

Acara “Reveal Jersey Merah Putih” selain menghadirkan pameran fotografi karya Davy Linggar, juga menghadirkan karya seni seniman Indonesia yang terinspirasi dari warna merah-putih. 

"Dalam merancang koleksi ini, saya mengambil inspirasi dari keanggunan warna bendera kita, yaitu merah dan putih, sebagai cermin tekad dan keyakinan teguh bahwa tim nasional kita akan mencapai kejayaan di panggung global," kata Didit Hediprasetyo dalam keterangan persnya.

"Jersey Merah Putih ini mencerminkan harapan serta kebanggaan bangsa, yang melambangkan keberanian dan kesucian sebagai identitas bangsa kita, sekaligus ketangguhan serta ketekunan atlet-atlet kita. Saya sangat berharap bahwa desain ini mampu memotivasi para pahlawan olahraga kita untuk melampaui batas kemampuan mereka dan membawa kejayaan bagi Indonesia,” tutup Pria kelahiran Jakarta, 22 Maret 1984 tersebut menambahkan. 

Siapa Didit Hediprasetyo?

Halaman
x|close