4 Pemain Jebolan Eropa di Timnas Indonesia yang Kini 'Menganggur'

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 5 Jul 2024, 15:00
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Thom Haye mencetak gol ke gawang Filipina Thom Haye mencetak gol ke gawang Filipina (dok PSSI)

Ntvnews.id, Jakarta - Kehadiran pemain-pemain abroad atau yang bermain di kompetisi Eropa secara tidak langung ikut meningkatkan performa Timnas Indonesia. Pengalaman mereka bersaing di level kompetisi yang lebih baik membuat tim Merah Putih jauh lebih perkasa.

Di skuad terakhir timnas Indonesia, setidaknya ada 14 pemain yang berstatus sebagai pemain abroad. Sebanyak 10 di antaranya bahkan bermain di kompetisi Eropa. Mereka tersebar di tiga negara, yakni Belanda, tiga di Belgia, dan serta Italia. Sedangkan empat pemain lainnya memperkuat klub Asia, terdiri dari Jepang, Korea Selatan, Thailand, dan Jepang.

Tidak hanya sebagai pelengkap. Beberapa nama yang tampil di pentas Eropa justru jadi andalan. 

Sebut saja Jay Idzes. Bek Timnas Indonesia naturalisasi Belanda itu punya peran penting di Venezia FC. Dia juga ikut berjasa mengantar Venezia promosi dari Serie B ke Serie A 2024/2025. 

Selain itu, gelandang timnas Indonesia, Thom Haye juga merupakan pemain andalan SC Heerenven. Musim lalu, pemain yang dijuluki The Professor itu tampil sebanyak 23 kali.  

Hanya saja, kontrak Haye bersama Heerenven sudah berakhir pada 30 Juni lalu. Dan saat ini, pemain berusia 29 tahun itu belum juga mendapatkan klub baru. Sempat tersiar kabar, Haye ingin melanjutkan kariernya di luar Belanda. Italia kemungkinan jadi salah satu opsi yang realistis baginya karena sudah pernah membela klub Lecce pada 2018 hingga 2019 lalu.

Selain Haye, setidaknya ada empat pemain lainnya yang bernasib sama. Siapa saja? 

Ragnar Oratmangoen

Halaman
x|close