Profil Nasrullo Kabirov, Wasit yang Diuber-uber Netizen Setelah Timnas Indonesia U-23 Kalah dari Qatar

NTVNews - 16 Apr 2024, 19:30
Marco Tampubolon
Penulis & Editor
Bagikan
Nasrullo Kabirov, wasit kontroversial yang memimpin laga Qatar vs Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Nasrullo Kabirov, wasit kontroversial yang memimpin laga Qatar vs Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024.

NTVnews.id- Langkah Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024 Qatar tidak terlalu menjanjikan. Di laga perdana, Garuda Muda langsung menelan kekalahan 0-2 dari Qatar, Selasa (16/4/2024).

Hasil ini membuat Indonesia terdampar di dasar klasemen Grup A. Sementara tuan rumah, Qatar kini berada di urutan pertama diikuti Australia di posisi kedua dan Yordania di tempat ketiga. 

Bertanding di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, itu, Garuda Muda tidak hanya kalah dua gol tanpa balas. Timnas Indonesia U-23 juga meradang oleh kartu merah yang diterima Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta. Akibat hukuman itu, keduanya dipastikan absen pada laga berikutnya. 

Pelatih Shin Tae-yong bukannya tidak terima dengan kekalahan ini. Hanya saja, pria asal Korea Selatan itu sangat berang melihat kinerja wasit yang memimpin laga. Naasrullo Kabirov dianggap terlalu banyak mengeluarkan keputusan kontroversial yang merugikan skuad Garuda Muda. 

Salah satu yang paling disorot kartu merah yang menimpa Ivar Jenner. 

"Saya tidak bisa mengatakan apa pun tentang pemain yang kena kartu merah, saya kehabisan kata-kata. Sepak bola tidak seharusnya dimainkan seperti ini. Kartu merah pertama kami, tidak ada kontak sama sekali," kata STY usai pertandingan seperti dikutip dari situs resmi PSSI.  

PSSI juga ikut bersuara. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, bahkan dengan tegas menyampaikan akan melayangkan protes kepada AFC terkait kinerja Nasrullo. Menurutnya, kartu merah yang diberikan kepada Jenner merupakan keputusan keliru yang merugikan timnas Indonesia U-23. 

"Kita sebagai federasi akan melayangkan protes terkait performa wasit," kata Erick.

Halaman
x|close