Ntvnews.id, Jakarta - Garansi bukan sekadar formalitas. Garansi adalah janji dari produsen dimana produk mereka dapat diandalkan.
Bagi pemilik kendaraan, garansi adalah jaminan ketenangan, perlindungan dari kerusakan tak terduga dan biaya servis yang tidak diinginkan.
Kini, Yamaha India melangkah lebih jauh dengan menawarkan garansi 10 tahun untuk seluruh lini sepeda motor dan skuter mereka.
Dikutip dari RideApart, Rabu, 21 Mei 2025, lewat program bertajuk "Total Warranty", konsumen di India kini mendapatkan perlindungan selama satu dekade, seperti 2 tahun garansi standar dan tambahan 8 tahun garansi yang diperpanjang.
Program ini mencakup komponen penting seperti mesin, sistem injeksi bahan bakar, dan sistem kelistrikan.
Model skuter seperti Ray ZR Fi, Fascino 125 Fi, dan Aerox 155 S akan mendapat perlindungan hingga 100.000 km.
Sementara itu, model sepeda motor seperti FZ Series, R15, dan MT-15 akan dijamin hingga 125.000 km.
Baca Juga: Daihatsu Kolaborasi Bersama D'MASIV, Luncurkan Lagu "Bahagia Sejak Pertama"
Garansi ini juga dapat dipindahtangankan ke pemilik berikutnya, sehingga meningkatkan nilai jual kembali kendaraan.
Yang menarik, Yamaha saat ini menawarkan program ini secara gratis, meskipun hanya untuk waktu terbatas. Setelahnya, program garansi akan tersedia dengan biaya tambahan yang disebut "nominal".
Dalam pernyataan resminya, Yamaha menyebutkan inisiatif ini bertujuan untuk memberikan "kepastian yang lebih besar, keandalan jangka panjang, dan nilai tambah bagi konsumen".
Langkah ini terasa semakin signifikan bila dibandingkan dengan pasar lain, seperti Amerika Serikat (AS). Di negara itu, sepeda motor Yamaha hanya dilindungi oleh garansi standar selama satu tahun.
Konsumen dapat membeli perlindungan tambahan melalui Yamaha Extended Service (YES), namun cakupan maksimal hanya mencapai lima tahun, setengah dari yang kini ditawarkan di India.
Apakah pasar lain akan mengikuti jejak India? Dengan meningkatnya tuntutan akan keandalan dan perlindungan jangka panjang, mungkin sudah waktunya produsen mempertimbangkan strategi serupa di pasar global.