Ntvnews.id, Jakarta - Kementerian Ekonomi Kreatif (Ekraf) menjalin kolaborasi bersama merek otomotif Volkswagen melalui dua IP (Intellectual Property) kreator lokal binaan Ekraf yakni Beemala dan Tenka Street.
Wakil Menteri Ekraf, Irene Umar menyampaikan kolaborasi Volkswagen dengan IP Beemala Tenka jadi contoh kolaborasi kreatif lintas sektor, termasuk dengan otomotif.
"Sebagai The New Engine of Growth, Kementerian Ekraf akan terus membawa kolaborasi nyata, membawa pejuang kreatif untuk dikenal dan berdampak di nasional hingga kancah global,” ujar Irene Umar di ajang Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2025 di ICE BSD, Tangerang, Rabu, 23 Juli 2025.
Ia menyampaikan, kolaborasi antara Kementerian Ekraf dan Volkswagen terwujud melalui tiga pilar utama yaitu Live Painting Collaboration, Design Competition, dan EKRAF Corner.
Live painting collaboration antara Beemala dan Tenka Street dituangkan langsung di bodi mobil ID.BUZZ sebagai simbol mobilitas masa depan dan juga medium ekspresi seni.
Baca Juga: Volkswagen Indonesia Perkenalkan ID. BUZZ di Yogyakarta, Meriahkan 75 Tahun VW Bus di JVWF 2025
Volkswagen ID Buzz yang dipamerkan di ajang Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2025 di ICE BSD, Tangerang, Rabu (23/7/2025). (ANTARA/Adimas Raditya)
Kemudian, ajang kompetisi desain bagi seniman muda binaan Ekraf untuk menciptakan desain khas ID. BUZZ yang akan diumumkan menjelang akhir 2025.
Selanjutnya, EKRAF Corner merupakan platform di booth Volkswagen yang menampilkan karya Beemala dan Tenka Street, sekaligus menjadi momentum pertemuan kreator dengan khalayak luas.
Pada kesempatan yang sama, Head of Sales & Marketing Volkswagen Indonesia Ahmad Badawi menyampaikan bahwa kolaborasi tersebut bukan hanya sekadar menghadirkan karya, tetapi juga menjadi gerakan budaya yang mempersatukan komunitas dan membuka ruang bagi kreativitas generasi muda.
Baca Juga: Menteri Ekraf Teuku Riefky Apresiasi Gekrafs: Siap Jadi Mitra Strategis Wujudkan Program Prabowo
"Kemitraan ini menjadi bagian dari komitmen Volkswagen Indonesia untuk mendukung ekosistem kreatif nasional, mempertemukan dunia otomotif, kreativitas, dan budaya dalam satu semangat kolaborasi," ujar Badawi.
Lebih lanjut, Volkswagen Indonesia mengusung semangat “New Buzz in Life” untuk mengajak masyarakat merayakan ekspresi diri melalui kehadiran mobil listrik ID. BUZZ.
Di ajang GIIAS 2025, perjalanan ini berlanjut dengan menggandeng mitra dari berbagai industri, komunitas, dan seniman lokal yang berbagi visi inovasi dan keberlanjutan.
"Kolaborasi ini membuka lebih banyak kesempatan bagi pelaku kreatif Indonesia untuk berekspresi dan berkembang," katanya. (Sumber: Antara)