Pak Bas Pastikan Kualitas Air Minum di IKN Lebih Baik dari Air Kemasan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Agu 2024, 18:07
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Menteri PUPR yang juga Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono. (Antara) Menteri PUPR yang juga Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono. (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta -  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa kualitas air di Ibu Kota Nusantara (IKN) lebih baik daripada air minum kemasan.

"Air minum disana (IKN) hasilnya sudah aman diminum, NTU-nya (Nephelometric Turbidity Unit) jauh lebih baik daripada air minum dalam kemasan," ucap  Basuki dalam acara ASN Talent Fest 2024 dan Anugerah ASN 2023, Selasa (27/8/2024).

Lanjut kata Basuki, Bendungan Sepaku Semoi menjadi sumber air minum di IKN.

"Bendungan Sepaku Semoi menjadi sumber air minum di IKN. Kami juga di sini membuat ada delapan greenhouse untuk menanam tomat, sayuran dan melon, sekarang sudah panen dikerjakan dan dikelola oleh ikatan pensiunan PU," ungkap Basuki.

Seperti diketahui, Bendungan Sepaku Semoi yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur telah diresmikan Presiden Jokowi pada (4/6/2024) lalu.

Baca juga: Basuki: IKN Untuk Anak Milenial dan Gen-Z, Bukan Buat saya dan Pak Jokowi

Baca juga: Pembangunan Jalan Tol dan Jembatan di IKN Gunakan Ribuan Ton Limbah FABA PLN, Apa Itu?

Proyek yang telah dimulai pembangunannya sejak tahun 2020 tersebut berhasil diselesaikan pada tahun ini dengan biaya sebesar Rp836 miliar.

Bendungan Sepaku Semoi memiliki kapasitas tampung yang cukup besar, mencapai 16 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 322 hektare.

Hal ini diharapkan dapat mengatasi kebutuhan akan air bersih tidak hanya untuk IKN tetapi juga sebagian wilayah Kota Balikpapan.

Halaman
x|close