Ojol dan Kurir Se-Jabodetabek Gelar Demo, Ini Tuntutannya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 29 Agu 2024, 12:26
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Sejumlah pengemudi ojek daring menunggu calon penumpang (Antara) Sejumlah pengemudi ojek daring menunggu calon penumpang (Antara)


Ntvnews.id
, Jakarta - Ribuan driver ojek online dan kurir Jabodetabek dikabarkan akan melakukan aksi demonstrasi hari ini, Kamis (29/8/2024).

Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Transportasi Daring Garda Indonesia Igun Wicaksono mengatakan, aksi tersebut terdapat  tuntutan yang akan diutarakan baik kepada perusahaan aplikasi maupun kepada pihak Pemerintah.

"Masa aksi akan bergerak ke arah Jalan Medan Merdeka Barat. Dalam hal ini, tinjuan lokasi aksi kita di Kementerian Kominfo," ucap Igun saat dihubungi Ntvnews.id, Kamis (29/8/2024).

Igun menjelaskan, tuntutan yang akan disampaikan agar meminta Kominfo ini mengambil alih tarif dari pengantaran barang dan makanan atau kurir.

Baca juga: Ada Demo Driver Ojol dan Kurir Se-Jabodetabek Hari Ini, Siap-siap Sulit Order

"Karena selama ini tarif dari pengantaran barang dan kurir ini barang-barang dan makanan ini, masih diatur oleh rekan-rekan aplikasi masing-masing. Sehingga terjadinya perang tarif murah-murahan," jelasnya.

Lebih lanjut, aksi demo ini dilakukan karena kondisi pengemudi ojol yang semakin tertekan oleh perushaaan aplikasi.

"Memang yang diuntungkan masyarakat dan perusahaan aplikasinya sendiri. Tapi kami yang jadi berat karena biaya operasional kami yang meningkat, sedangkan pendapatan makin menurun," jelasnya.

Seperti diketahui, aksi akan diikuti sekitar 500-1.000 pengemudi ojol dari berbagai komunitas di Jabodetabek.

Baca juga: Tuntut Perbaikan Nasib, Ribuan Ojol dan Kurir Se-Jabodetabek Demo Hari Ini

Rute aksi Istana Merdeka, kantor Gojek disekitar wilayah Petojo, Jakarta Pusat dan kantor Grab disekitar Cilandak, Jakarta Selatan.

Halaman
x|close