Menhub Budi Karya Dorong RI Bisa Jadi Produsen Kereta Api Yang Mendunia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 3 Sep 2024, 20:28
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi uji coba trem otonom atau Autonomous Rail Transit (ART), di Ibu Kota Nusantara (IKN). Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi uji coba trem otonom atau Autonomous Rail Transit (ART), di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap agar ke depan Indonesia tidak lagi hanya menjadi pengguna kereta api, namun juga bisa menjadi produsen yang ikut berkompetisi di kancah global.

Hal ini disampaikan Menhub saat menghadiri pembukaan ASEAN Railway CEOs’ Conference (ARCEOs’ Conference) ke-44.

"Saya minta PT KAI untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Saya juga berharap fungsi INKA dapat ditingkatkan, sehingga bisa menjadi produsen kereta api yang mendunia," ucap Budi Karya dalam keterangannya, Selasa (3/9/2024).

Budi Karya menuturkan bahwa saat ini Indonesia sedang mengalami perkembangan yang sangat signifikan pada sektor perkeretaapian.

Baca juga: Budi Karya Pamer Capaian Satu Dekade Bangun Infrastruktur Sektor Perkeretaapian, Apa Saja?

Salah satu perkembangan tersebut tercermin dengan telah beroperasinya Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung sejak tahun lalu.

"Kita tahu bersama Kereta Cepat Whoosh itu menjadi buah bibir, bukan hanya di tanah air saja, tapi juga di Asia bahkan di Eropa. Masyarakat internasional membicarakan bagaimana Whoosh itu sukses dengan kecepatan dan keandalannya,” ucapnya.

Budi Karya menambahkan, perkembangan sektor perkeretaapian juga terjadi di kawasan perkotaan.

Di mana saat ini Indonesia telah mengoperasikan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek dan LRT Palembang, serta yang terbaru ada Trem Otonom di IKN yang telah diuji coba.

Baca juga: Menhub Budi Karya Sudah 2 Hari Ngantor di IKN, Ini Kegiatannya

Terkini, lanjut Budi Karya, pemerintah juga tengah berupaya untuk memperluas jaringan Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta yang diharapkan bisa menunjang mobilitas masyarakat yang semakin tinggi.

Halaman
x|close