Hari Bhakti Postel ke-79, Wamenkominfo Sebut Konektivitas Digital Nasional Makin Merata

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 27 Sep 2024, 15:11
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria memberikan sambutan dalam upacara Peringatan Hari Bhakti Postel ke-79 yang digelar di Kantor Pusat PT Pos Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Jumat (27/9/2024). Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria memberikan sambutan dalam upacara Peringatan Hari Bhakti Postel ke-79 yang digelar di Kantor Pusat PT Pos Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Jumat (27/9/2024). (ANTARA/Fathur Rochman)

Ntvnews.id, Jakarta - Peringatan Hari Bhakti Postel merupakan bentuk apresiasi terhadap dedikasi seluruh insan pos dan telekomunikasi dalam meningkatkan konektivitas digital dan komunikasi di seluruh penjuru tanah air.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria menyatakan dalam peringatan Hari Bhakti Postel tahun ini, banyak capaian pembangunan sektor pos dan telekomunikasi di Indonesia.

Menurutnya, saat ini sektor pos berkembang pesat dengan jumlah kantor pos pada tahun 2022  mencapai 16.984 titik di seluruh Indonesia. Bahkan, telah menjangkau 100 persen kota dan kabupaten, termasuk di 940 lokasi terpencil.
 
"Di bidang infrastruktur telekomunikasi, penggelaran jaringan kabel serta optik Palapa Ring telah dimanfaatkan oleh masyarakat dengan tingkat utilisasi mencapai 766 gigabit per detik,” tuturnya dalam Upacara Peringatan Hari Bhakti Postel ke-79 di Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero), Bandung Wetan, Kota Bandung, Jumat (27/09/2024).

Baca juga: Wamenkominfo Sebut Penyelenggaraan Pos di Indonesia Terus Meningkat, Ini Buktinya

Selain itu, Pemerintah juga telah meluncurkan Satelit Indonesia Raya (SATRIA)-1 dan membangun Base Transceiver Station (BTS) di 6.665 desa dan kelurahan.

“Sementara di bidang penyiaran, melalui program Analog Switch Off (ASO), saat ini penyiaran digital telah menjangkau sebesar 76,44 persen penduduk Indonesia,” jelas Wamen Nezar Patria.

Wamenkominfo mengajak semua pihak untuk merayakan pencapaian-pencapaian tersebut melalui peringatan Hari Bhakti Postel ke-79.

"Seraya memperkuat komitmen untuk senantiasa berkontribusi dalam menyebarkan informasi yang berkualitas, mencerdaskan masyarakat, dan terus memajukan sektor pos, telekomunikasi, dan penyiaran Indonesia demi mewujudkan Indonesia Emas 2045," jelasnya.

Hari Bhakti Postel ke-79 tahun 2024 mengangkat tema "Nusantara Digital untuk Indonesia Maju" sebagai ajakan bagi semua pihak untuk terus berinovasi dan berkreasi dalam memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa.

Wamen Nezar Patria juga mengajak untuk menjadikan peringatan tahun ini sebagai momentum menggelorakan akselerasi transformasi digital di berbagai bidang.

Baca juga: Profil Fauzi Baadilla, Kader Partai Gerindra-Koordinator Relawan Prabowo Jadi Komisaris PT Pos Indonesia
 
"Api semangat juang kita harus tetap membara, khususnya dalam rangka menggelorakan berbagai upaya mengakselerasi agenda transformasi digital di berbagai bidang, sekaligus mendorong kebermanfaatannya dalam kegiatan sehari-hari," ungkapnya.

Wamenkominfo menjelaskan akselerasi transformasi digital ditujukan untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045. Dalam pelaksanaannya, ekosistem industri pos dan telekomunikasi akan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital.

"Seperti yang tertuang pada dokumen RPJPN 2025-2045, transformasi digital menjadi salah satu arah pembangunan di dalam kerangka agenda transformasi ekonomi," jelasnya.
 
Menurut Wamen Nezar Patria, sebagai salah satu alternatif peta jalan transformasi digital nasional, Kementeria Kominfo telah meluncurkan Visi Indonesia Digital (VID) 2045.

"Harapannya VID 2045 dapat menjadi acuan dalam memajukan industri pos dan telekomunikasi demi mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045," ungkapnya.

Halaman
x|close