Jalur Rel Ganda Kiaracondong-Cicalengka Ditargetkan Beroperasi Penuh Tahun Ini

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Okt 2024, 08:46
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Kemenhub hampir merampungkan pembangunan jalur ganda Kiaracondong-Cicalengka. (Dok.Kemenhub) Kemenhub hampir merampungkan pembangunan jalur ganda Kiaracondong-Cicalengka. (Dok.Kemenhub)

Ntvnews.id, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) melaporkan hampir merampungkan pembangunan jalur ganda Kiaracondong-Cicalengka.

Setelah menyelesaikan tahap I segmen Gedebage-Haurpugur pada tahun 2022 dan telah beroperasi secara penuh, kini tahap II segmen Kiaracondong-Gedebage dan Haurpugur-Cicalengka progres pekerjaan telah mencapai 92 persen.

"Jalur ganda lintas Kiaracondong-Cicalengka tahap II ditargetkan dapat beroperasi secara penuh pada Tahun 2024 ini, kami berharap dengan dibangunnya jalur ganda ini maka dapat memberikan manfaat bagi masyarakat pengguna kereta api," ujar Endang Setiawan, Kepala BTP Bandung dalam keterangannya, Jumat (4/10/2024).

Total jalur yang dibangun pada tahap I yaitu sepanjang 14 km/sp dengan anggaran Rp. 779 miliar. Sementara itu, pada pekerjaan pembangunan tahap II panjang jalur yang dibangun yaitu 9 km/sp dengan anggaran Rp585 miliar.

Baca  juga: Ada 535 Tabrakan Kereta Api Sepanjang Januari-Agustus

Kemenhub mengeluarkan total anggaran Rp1,3 triliun untuk pembangunan jalur ganda Kiaracondong-Cicalengka dengan panjang jalur 23 km/sp.

Endang menambahkan sebelum dibangunnya jalur ganda lintas Kiaracondong-Cicalengka, kereta api yang melintas pada jalur tersebut perlu bergantian sehingga waktu tempuh perjalanan kereta api menjadi lebih lama.

Selain itu, manfaat dari dibangunnya jalur ganda yaitu untuk meningkatkan aspek keselamatan dan  keamanan pada perjalanan kereta api.

Pembangunan jalur Ganda ini juga mencakup peningkatan keselamatan perkeretaapian dan peningkatan fasilitas operasi dari sinyal mekanik ke elektrik dengan tujuan mendukung elektrifikasi pada lintas Bandung Raya.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Sudah Angkut 5,4 Juta Penumpang, 300 Ribu di Antaranya WNA dari 159 Negara

Tidak hanya pada lintas Kiaracondong-Cicalengka, dilakukan pula kegiatan pengembangan Prasarana  Perkeretaapian pada Jalur Ganda Kereta Api antara Padalarang-Bandung.

Dengan total anggaran Rp717 miliar, ruang lingkup pekerjaan pada lintas tersebut meliputi penataan emplasemen, pengembangan stasiun, pembangunan sistem persinyalan dan telekomunikasi.

Halaman
x|close