Renovasi Stadion Maguwohajo Ditargetkan Rampung Desember 2024, Sudah Segini Progresnya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 9 Okt 2024, 18:39
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Stadion Maguwoharjo/Dok.Kementerian PUPR Stadion Maguwoharjo/Dok.Kementerian PUPR

Ntvnews.id, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan rehabilitasi dan renovasi Stadion Maguwoharjo di Kabupaten Sleman, DIY ditargetkan selesai pada akhir tahun ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, saat ini progres pekerjaan Stadion Maguwoharjo telah mencapai 79 persen dan ditargetkan akan selesai pada 15 Desember 2024.

Rehabilitasi dan renovasi stadion ini merupakan tindak lanjut instruksi Presiden Joko Widodo untuk mengevaluasi seluruh stadion agar memiliki standar FIFA.

"Kegiatan ini merupakan upaya mendukung transformasi sepak bola nasional melalui penyediaan infrastruktur yang berstandar nasional dan internasional dari FIFA," ucap Basuki dalam keterangannya, Rabu (9/10/2024).

Baca juga: Menteri PUPR Buka Suara Soal Atap Venue PON Aceh-Sumut yang Roboh

Lingkup pekerjaan renovasi Stadion Maguwoharjo meliputi pekerjaan struktur yakni perkuatan kolom dengan metode jacketing.

Pekerjaan arsitektur yakni penambahan kursi single seat, penggantian rumput lapangan serta pembuatan tribun difabel. Direncanakan stadion ini memiliki kapasitas 20.595 kursi.

Kemudian pekerjaan mekanikal, elektrikal dan plumbing (MEP) meliputi penggantian lampu field of play (FOP), penambahan sistem fire alarm dan sprinkler untuk pemadam kebakaran.

Untuk pekerjaan lansekap meliputi pekerjaan rumput lapangan, pembuatan fasad utama sisi timur dan penambahan pagar.

Pekerjaan ini dimulai pada 27 Desember 2023 dan ditargetkan selesai pada 15 Desember 2024 dengan anggaran Rp108 miliar.

Kontraktor pelaksana renovasi stadion ini adalah PT Karuniaguna Intisemesta dengan konsultan PT Amsecon Berlian Sejahtera KSO PT Multi Citra Graha.

Baca juga: PUPR Alokasikan Rp9,11 Triliun Untuk Pembangunan IKN Tahun Depan

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti meminta untuk melakukan percepatan pekerjaan renovasi stadion ini.

"Mohon percepatan dan tetap memperhatikan aspek kualitas, estetika dan keberlanjutan lingkungan,” ucap Diana.

Di samping itu, Diana berpesan kepada Pemerintah Kabupaten Sleman agar melakukan kerjasama dengan Liga untuk pengelolaan stadion.

“Dari serah terima mohon ada kerja sama dengan liga atau klub untuk pengelolaannya supaya tidak memberatkan anggaran daerah,” tutur Diana. 

Halaman
x|close