Investasi di IKN Tembus Rp58,41 Triliun dan 8 Groundbreaking, Ini Detailnya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 10 Okt 2024, 20:00
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Tim Redaksi
Editor
Bagikan
Suasana Istana Negara dan Istana Garuda terlihat dari kawasan Sumbu Kebangsaan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Suasana Istana Negara dan Istana Garuda terlihat dari kawasan Sumbu Kebangsaan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom)

Ntvnews.id, Jakarta - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mencatat telah melaksanakan 8 tahap groundbreaking dengan total investasi mencapai Rp58,41 triliun

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa hal ini menandakan komitmen para investor untuk turut membangun di Nusantara dan untuk masa depan bangsa.

"Investasi di IKN adalah membeli masa depan,” ungkap Jokowi dalam unggahan akun Instagram OIKN, Kamis, 10 Oktober 2024. 

Dalam unggahannya groundbreaking tahap 1 dilaksanakan pada 21-22 September 2023 total investasi mencapai Rp22,9 triliun.

Baca juga: Gerindra Pastikan Prabowo Teken Keppres Pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke IKN

Adapun rencana groundbreaking tahap 1 meliputi mixed use atau kawasan serbaguna, hotel, rumah sakit, serta pusat pelatihan sepak bola.

Groundbreaking tahap 2 dilaksanakan pada 1-2 November 2023 degan total nilai investasi yang masuk mencapai Rp15,57 triliun.

Rencana pembangunan pada groundbreaking tahap 2 meliputi sekolah internasional, revitalisasi sekolah negeri, mix used, bandara, PLTS 50 MW, bank sentral, rumah sakit dan kantor layanan.

Lalu groundbreaking tahap 3 dilaksanakan pada 20-21 Desember 2023 dengan total nilai investasi yang masuk mencapai Rp4,78 triliun.

Groundbreaking tahap 3 meliputi rencana pembangunan penghijauan dan rehabilitasi, miniatur hutan tropis, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan hotel (mix used), layanan transportasi hijau, kantor polres khusus IKN, serta kantor komando distrik militer.

Baca juga: Jokowi Perintahkan ASN Pindah ke IKN Januari 2025

Bergeser ke awal tahun atau 17 Januari 2024 dilaksanakan groundbreaking tahap 4 dengan total investasi Rp4,26 triliun.

Rencana pembangunan groundbreaking tahap ke 4 ini meliputi kantor pusat Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), warehouse park, pergudangan, studio siaran, green pesantren, logistic hub, hotel, kantor Otorita IKN dan balai kota, masjid negara, Beranda Nusantara, serta memorial park.

Kemudian groundbreaking tahap 5 dilaksanakan pada tanggal 29 Februari-1 Maret 2024 dengan investasi Rp2,1 triliun.

Adapun rencana pembangunan tahap ke 5 ini meliputi pusat layanan perbankan, mini studio Nusantara, kantor layanan, hingga smart office.

Groundbreaking tahap 6 dilaksanakan pada tanggal 4-5 Juni 2024 dengan total investasi yang masuk Rp1,8 triliun.

Rencana pembangunan tahap ini meliputi lifestyle and F&B, universitas, sekolah dan pusat riset, showroom electric vehicles, jaringan telekomunikasi & PLN hub, serta botanical garden.

Baca juga: Pembebasan Lahan di IKN Sudah Habiskan Anggaran Senilai Rp2,8 Triliun

Lalu groundbreaking tahap 7 dilaksanakan pada 12 Agustus 2024 dengan nilai investasi Rp5,35 triliun.

Rencana pembangunan tahap 7 ini meliputi kantor layanan, mixed used (golf resort dan perumahan, TOD), serta hotel dan gedung pertemuan.

Terakhir groundbreaking tahap 8 yang dilaksanakan 25 September 2024 dengan investai Rp1,57 triliun.

Rencana pembangunan tahap ke 8 meliputi mall Nusantara, sekolah, kawasan campuran, hotel dan restoran.

"Dengan groundbreaking yang telah dilaksanakan, menunjukan kepercayaan dari invesasi baik lokal, domestik, maupun internasional bahwa Nusantara ini memang tempat yang sangat menarik bagi investasi," tandasnya.

Halaman
x|close