Otorita Jamin Pembangunan IKN Lanjut di Era Prabowo, Siap Jadi Super Economic Hub

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 14 Okt 2024, 13:44
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Tim Redaksi
Editor
Bagikan
Presiden Jokowi dan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto Presiden Jokowi dan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto (Dok Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) memastikan, pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur akan berlanjut pada periode pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Staf Khusus Kepala OIKN dan juru bicara Otorita IKN Troy Pantouw mengatakan, pihaknya terus berupaya menarik investor domestik dan asing untuk berinvestasi di Nusantara,

Serta menjadikannya IKN sebagai super economic hub yang berpotensi menggerakkan roda ekonomi nasional.

"Tidak ada keraguan bahwa pembangunan Ibu Kota Nusantara terus berlanjut dan selesai sempurna sebagai kota dunia untuk semua," kata Troy dalam keterangannya, akhir pekan lalu. 

Baca juga: Resmikan RS Hermina Nusantara, Jokowi Pede Kepercayaan ASN Pindah ke IKN Meningkat

Hingga saat ini, menurutnya, terdapat delapan tahap groundbreaking telah dilakukan dengan estimasi nilai investasi mencapai Rp 58,41 triliun.

Otorita IKN juga telah menerima 492 surat pernyataan minat atau Letter of Intent (LoI) dari investor, baik dari dalam maupun luar negeri, dengan rincian 239 LoI dalam negeri dan 199 dari luar negeri.

Sejalan dengan pembangunan ekonomi, Otorita IKN berkomitmen membangun kota hutan yang berkelanjutan.

Upaya seperti program reforestasi melalui pencanangan Wanagama Nusantara dan pembentukan Satuan Tugas Penanggulangan Penambangan Ilegal terus dilakukan, menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

Baca juga: Jokowi Resmikan RS Hermina Nusantara di IKN: Seperti Hotel Bintang 5

Otorita IKN juga telah meluncurkan Peta Jalan Menuju Kota Nol Emisi Karbon Nusantara pada COP28 di Dubai sebagai bagian dari komitmen global untuk mengatasi perubahan iklim.

Pembangunan Nusantara tidak berhenti di sini. Otorita IKN terus berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan di tahap-tahap berikutnya, memastikan pemerataan pembangunan untuk seluruh rakyat Indonesia.  

"Kita patut bersyukur pada pencapaian bersejarah di era kepemimpinan Presiden Jokowi dan siap untuk melanjutkan tahap pembangunan Ibu Kota Nusantara di periode pemerintahan Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Raka Bumi yang telah memastikan keberlanjutan pembangunan IKN," tandasnya.

Halaman
x|close