Disertasi Soal Hilirisasi Nikel, Bahlil Raih Gelar Doktor dengan Predikat Cumlaude di UI

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 16 Okt 2024, 18:13
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Menteri ESDM dalam sidang terbuka promosi doktor yang digelar Sekolah Kajian Stratejik dan Global UI/Ist Menteri ESDM dalam sidang terbuka promosi doktor yang digelar Sekolah Kajian Stratejik dan Global UI/Ist

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia dinyatakan lulus uji sidang doktor di Universitas Indonesia (UI).

Hal tersebut setelah Bahlil menjalani sidang terbuka promosi doktor yang digelar Sekolah Kajian Stratejik dan Global UI, Rabu (16/10).

Ketua Sidang Prof Dr. I Ketut Surajaya, S.S., M.A mengumumkan kelulusan Bahlil. Dia menjelaskan para penguji telah mempelajari disertasi yang Bahlil ajukan. Para penguji juga memperhatikan pembelaan Bahlil atas pertanyaan para penyanggah.

"Maka, berdasarkan semua ini, tim penguji memutuskan untuk mengangkat Saudara Bahlil Lahadalia menjadi doktor dalam Program Studi Kajian Stratejik dan Global dengan yudisium cumlaude, ucap Ketut.

Baca juga: Bahlil Bahas Hilirisasi saat Sidang Promosi Doktor UI

Disertasi Bahlil untuk studi doktoral tersebut bertajuk Kebijakan, Kelembagaan, dan Tata Kelola Hilirisasi Nikel yang Berkeadilan dan Berkelanjutan di Indonesia.

Sebelumnya, Bahlil Lahadalia juga menyelesaikan Ujian Seminar Hasil Riset di Program Doktor Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia.

Hal tersebut membuat selangkah lagi Bahlil resmi menyandang gelar Doktor dari Universitas Indonesia.

"Alhamdulillah, hari ini saya telah menyelesaikan Ujian Seminar Hasil Riset di Program Doktor Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia," ucap Bahlil dalam akun Instagram pribadinya @bahlillahadalia dikutip Sabtu (28/9).

Baca juga: Profil Bahlil Lahadalia, Ketum Partai Golkar Ikut Diundang Prabowo ke Kertanegara

"Terima kasih kepada para penguji dan pembimbing atas berbagai masukan yang diberikan. Semoga penelitian ini dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi kemajuan bersama," lanjutnya.

Dengan Nilai rata-rata 89.37, Bahlil Lulus dalam ujian Seminar Hasil Riset II di Program Doktor Sekolah Kajian Stratejik dan Global, Universitas Indonesia.

Halaman
x|close