Sudah Angkut 5,3 Juta Penumpang, Pemerintah Targetkan Kereta Cepat Whoosh Lanjut Sampai Surabaya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 18 Okt 2024, 08:29
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Kereta Cepat Whoosh Kereta Cepat Whoosh

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap infrastruktur kereta api cepat bisa lebih berkembang dan mampu menjangkau lebih luas ke berbagai daerah di Indonesia.

Budi Karya berharap kereta cepat Whoosh tak hanya sampai di Bandung, tapi ditargetkan mencapai Surabaya.

"Ke depan, kita berharap proyek Whoosh tidak hanya sampai di Bandung. Saya berharap makin berkembang dan menjangkau daerah lebih luas, dengan target selanjutnya dapat mencapai Surabaya," ujar Budi Karya dalam keterangannya, Jumat (18/10/2024).

Lebih lanjut, Budi Karya menyebut antusiasme masyarakat terhadap Whoosh mencapai lebih dari 5,3 juta penumpang yang telah menaiki Whoosh di tahun pertama pengoperasiannya.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Sudah Angkut 5,4 Juta Penumpang, 300 Ribu di Antaranya WNA dari 159 Negara

Baca juga: Arus Balik Long Weekend, Whoosh Siapkan 48 Perjalanan dari Bandung ke Jakarta

Ia pun menilai keberadaan kereta cepat telah meningkatkan daya saing Indonesia menjadi lebih baik di kancah internasional secara umum, dan Asia Tenggara secara khusus.

Direktur Utama PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi menambahkan, Whoosh terus berkembang dan meningkatkan kapasitas serta kualitas pelayanannya.

Dwiyana menjelaskan, frekuensi perjalanan Whoosh meningkat dari 4 KA per hari, bertahap menjadi 8 KA sampai dengan saat ini 48 KA perhari.

Tren pertumbuhan penumpang pun meningkat dari awalnya hanya 14 ribu sampai dengaan 17 ribu penumpang per hari, hingga mencapai hingga 24 ribu penumpang perhari.

"Selanjutnya Whoosh akan menerapkan strategi peningkatan ridership. Kami berencana menambah jumlah KA menjadi 62 KA perhari, mengubah pola KA komuter dengan headway setiap 30 menit, serta rencanan membuka Stasiun Karawang untuk pelayanan penumpang. Aksesibilitas stasiun Tegalluar Summarecon juga diharapkan akan menambah jumlah penumpang secara signifikan," jelas Dwiyana.

Halaman
x|close