Jokowi Resmikan Fasilitas Persemaian Mentawir, Jadi Pusat Program Penghijauan IKN

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 4 Jun 2024, 15:09
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Presiden Jokowi resmikan fasilitas Persemaian Mentawir di IKN/BPMI Setpres Presiden Jokowi resmikan fasilitas Persemaian Mentawir di IKN/BPMI Setpres

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan fasilitas persemaian Mentawir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (4/6/2024).

Fasilitas persemaian Mentawir ini sebagai pusat program penghijauan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan sekitarnya.

"Saya senang, setelah hampir 1,5 tahun persemaian Mentawir selesai pada hari ini, dan dengan kapasitas 15 juta bibit ini akan bisa kita pakai untuk merehabilitasi hutan kembali," ucap Presiden Jokowi.

Kepala Negara itu menjelaskan, fasilitas persemaian yang dilengkapi dengan pusat plasma nutfah berupa bio bank dan seed bank yang merupakan komponen utama yang telah dipersiapkan pemerintah sejak awal pembangunan IKN bergulir.

Bibit yang tumbuh di fasilitas itu berguna untuk persemaian dalam rangka rehabilitasi hutan, melalui penanaman kembali pohon di sejumlah lokasi eks tambang.

"Jangan sampai kita sering mencanangkan menanam sejuta pohon, menanam sejuta pohon di mana-mana, tapi nursserynya tidak ada, persemaiannya tidak ada dari mana bibitnya?," ungkap Jokowi.

Persemaian Mentawir memiliki 15 juta bibit tanaman, termasuk sejumlah tumbuhan endemik di Kalimantan, seperti sungkai, meranti, kapur, tengkawang, ulin, dan bangkirai.

Halaman
x|close