Sri Mulyani Pastikan Stabilitas Sistem Keuangan RI Masih Terjaga di Kuartal I 2024

NTVNews - 3 Mei 2024, 17:33
Muslimin
Penulis
Ramses Manurung
Editor
Bagikan
Menkeu Sri Mulyani Menkeu Sri Mulyani

Ntvnews.id, Jakarta - Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) menyampaikan stabilitas sistem keuangan Indonesia pada kuartal I 2024 dalam kondisi terjaga dengan baik.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KSSK sekaligus Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dalam konferensi pers Hasil Rapat Berkala KSSK II Tahun 2024.

"Stabilitas sistem keuangan (SSK) Indonesia pada kuartal I tahun 2024 masih dalam kondisi terjaga yang didukung oleh APBN kebijakan fiskal, kebijakan moneter dari Bank Indonesia, dan sektor keuangan yang stabil," ujar Sri Mulyani, Jumat (3/5/2024).

Sri Mulyani menilai, terdapat peningkatan ketidakpastian global, terkait kondisi fiskal, moneter, serta gejolak geopolitik yang mendorong tekanan di pasar keuangan global.

"KSSK akan terus melakukan assesment forward looking atas kinerja ekonomi dan sektor keuangan seiring dengan risiko ketidakpastian ekonomi global dan keuangan global yang meningkat juga gejolak geopolitik dan ekskalatif," ungkapnya.

KSSK juga memproyeksi pertumbuhan ekonomi global relatif stagnan dengan berbagai risiko dan tantangan yang berkembang.

Dalam laporan terbaru world economic outlook yang diterbitkan pada bulan April 2024, IMF memproyeksikan ekonomi global stagnan pada level 3,2 persen.

Halaman
x|close