Meningkatkan Fokus, Ini 7 Manfaat Tidak Sarapan Pagi

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 14 Agu 2024, 05:05
Zaki Islami
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi sedang sarapan Ilustrasi sedang sarapan (Freepik/ tirachardz)

Ntvnews.id, Jakarta - Sarapan pagi sering disebut sebagai "makan paling penting dalam sehari." Namun, ada juga pandangan yang berkembang bahwa melewatkan sarapan pagi bisa memberikan manfaat tertentu, terutama dalam konteks pola makan yang lebih terkontrol atau gaya hidup tertentu.

Berikut ini beberapa potensi manfaat dari tidak sarapan pagi yang bisa dipertimbangkan, dilansir dari berbagai sumber:

1. Mendukung Puasa Intermiten

Puasa intermiten (intermittent fasting) adalah pola makan yang melibatkan periode puasa dan makan yang bergantian. Melewatkan sarapan bisa menjadi cara mudah untuk memulai puasa intermiten, dengan jendela makan yang dimulai lebih siang dan diakhiri lebih cepat di malam hari. Metode ini dipercaya dapat membantu dalam penurunan berat badan, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan kesehatan metabolik.

2. Mengurangi Asupan Kalori

Tidak sarapan pagi bisa membantu mengurangi total asupan kalori harian. Bagi beberapa orang, melewatkan sarapan membantu mengontrol nafsu makan dan mencegah konsumsi makanan berlebih sepanjang hari. Hal ini terutama bermanfaat bagi mereka yang berusaha menurunkan berat badan atau menjaga berat badan ideal.

3. Meningkatkan Fokus dan Produktivitas

Halaman
x|close