Mengintip Liburan Singkat Perjalanan HoZhuMa, Hong Kong-Zhuhai-Macau Plus Shenzhen yang Mengesankan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Agu 2024, 08:38
Beno Junianto
Penulis & Editor
Bagikan
Perjalanan HoZhuMa,  Hong Kong-Zhuhai-Macau  Plus Shenzhen yang Mengesankan Perjalanan HoZhuMa, Hong Kong-Zhuhai-Macau Plus Shenzhen yang Mengesankan (Dokumen travel)

Ntvnews.id, Jakarta - Menikmati liburan bersama istri dan anak tercinta merupakan kebahagian tersendiri bagi Ahmad Akbar Achiyat. Alumni di sejumlah kampus terkenal Universitas Indonesia ini.

Melakukan perjalanan akhir bulan Juli 2024 lalu, seperti perjalanan singkat ke tiga Negara dalam waktu 5 hari.

"Tentu saja pengalaman pertama yang mengesankan karena pertama kalinya kami melalui jembatan laut terpanjang di dunia, yaitu sepanjang 55 KM, yang diresmikan oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping pada Oktober 2018," ungkap Ahmad Akbar Achiyat dalam keterangannya. Pria yang akrab disapa Akbar kini memiliki sejumlah usaha kuliner restoran dan cafe di Jakarta dan Singapura.

Alumni Fisip UI,Sastra Cina UI dan alumni Fakultas Hukum UI yang juga mengelola firma hukum ini menjelaskan jembatan tersebut menghubungkan Hong Kong dengan Makau dan Zhuhai di Delta Sungai Mutiara sehingga sering disebut sebagai jembatan Hozhuma.
Proyek pembangunan jembatan menjadi luar biasa karena didukung pembuatan pulau buatan dan terowongan bawah laut dengan besi yang dipakai setara dengan 60 Menara Eiffel di Paris, Perancis.

Hemat dia, perjalanan ke Hong Kong dan sekitarnya kali ini terasa kurang ekonomis karena persiapan yang mendadak dan seiring dengan jatuhnya nilai Rupiah yang sampai di atas Rp.16.000 per US$ nya.

Sebenarnya,ungkap Akbar, perjalanan ke Hong Kong untuk pertemuan dengan partner lokal dalam rangka persiapan ikut serta di pameran kuliner yang diadakan oleh HKTDC (Hong Kong Trade Development Council) tanggal 15-19 Agustus 2024, Akan tetapi karena bersamaan dengan akan berakhirnya libur sekolah anak-anak, jadi kami berangkat tanggal 2 Juli dan kembali tanggal 7 Juli, karena mereka masuk sekolah/kuliah Senin tanggal 8 Juli 2024.
Akbar menilai HKTDC sangat aktif mengadakan pameran-pameran internasional baik di Hong Kong maupun di luar negeri termasuk Jakarta, dan sebagai pengusaha di bidang kuliner, tentu kesempatan bertemu dengan pengusaha luar negeri di bidang yang sama adalah hal yang sangat penting, apalagi Hong Kong terkenal sebagai hub yang mempertemukan para trader Barat dan Timur.

" Kami mendapat surprise ketika mobil sewaan yang menjemput kami di Hotel Regal, yang diorder secara online bersamaan dengan booking hotel, adalah mobil Tesla dengan driver yang relatif muda dan ramah, mengingat "keramahan" adalah hal yang agak langka di sana. Sehingga setelahnya, Jay, nama driver yang ternyata ownernya, menjadi langganan tetap selama 4 hari di Hong Kong, sehingga tidak repot-repot lagi order uber atau mencari taxi, " papar pria berkacamata ini.

Halaman
x|close