5 Jenis Penyakit Kanker yang Paling Banyak Diidap Wanita, Kenali Tanda dan Gejalanya!

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 31 Agu 2024, 07:10
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi Kanker Ilustrasi Kanker (FreePIk)

Ntvnews.id, Jakarta - Kanker adalah salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia, dan wanita memiliki risiko tinggi terkena berbagai jenis kanker. Beberapa jenis kanker lebih umum terjadi pada wanita dibandingkan pria, dan pemahaman mengenai jenis-jenis kanker ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong deteksi dini. Berikut ulasannya. 

  1. Kanker Payudara

Ilustrasi orang sakit <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi orang sakit (Pixabay)

Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum di kalangan wanita di seluruh dunia. Kanker ini berkembang dari sel-sel di payudara dan bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya jika tidak didiagnosis dan diobati pada tahap awal. 

Faktor risiko untuk kanker payudara termasuk usia, riwayat keluarga, mutasi genetik (seperti BRCA1 dan BRCA2), serta gaya hidup seperti konsumsi alkohol dan obesitas. Deteksi dini melalui pemeriksaan mandiri dan mamografi sangat penting untuk meningkatkan peluang pengobatan yang berhasil.

  1. Kanker Serviks

Ilustrasi sakit. <b>(freepik)</b> Ilustrasi sakit. (freepik)

Kanker serviks adalah kanker yang berkembang di leher rahim, bagian bawah rahim yang menghubungkan ke vagina. Penyebab utama kanker serviks adalah infeksi human papillomavirus (HPV), yang bisa ditularkan melalui kontak seksual. 

Vaksinasi HPV dan pemeriksaan Pap smear secara teratur adalah cara efektif untuk mencegah dan mendeteksi kanker serviks pada tahap awal. Meskipun insiden kanker serviks menurun di negara-negara dengan program vaksinasi HPV yang baik, kanker ini masih menjadi ancaman besar di banyak negara berkembang.

Halaman
x|close