10 Penyebab Gatal Pada Bagian Intim Wanita

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Sep 2024, 02:10
Zaki Islami
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi Bagian Intim Wanita Ilustrasi Bagian Intim Wanita (Freepik)

Ntvnews.id, Jakarta - Gatal pada bagian intim wanita adalah masalah umum yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, baik yang ringan maupun yang memerlukan perhatian medis. Berikut beberapa penyebab umum gatal pada area intim wanita:

1. Infeksi Jamur (Kandidiasis)

Infeksi jamur, khususnya oleh jamur Candida, adalah salah satu penyebab paling umum dari gatal pada bagian intim. Gejalanya termasuk rasa gatal, perih, dan keluarnya cairan putih kental seperti keju. Infeksi jamur biasanya terjadi ketika keseimbangan alami bakteri dan jamur di vagina terganggu.

2. Vaginosis Bakterialis

Kondisi ini terjadi ketika keseimbangan bakteri normal di vagina terganggu, menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan. Gejala termasuk gatal, keputihan berbau amis, dan rasa tidak nyaman. Vaginosis bakterialis tidak selalu menyebabkan rasa gatal, tetapi bisa menjadi salah satu gejalanya.

3. Iritasi Akibat Produk Kebersihan

Penggunaan produk seperti sabun, pembalut yang wangi, tisu basah, atau deterjen yang mengandung bahan kimia keras dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif di area genital. Iritasi ini dapat memicu rasa gatal dan tidak nyaman.

Halaman
x|close