5 Penyebab Utama Payudara Kendur dan Cara Mencegahnya agar Tetap Kencang Menurut Kesehatan

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Sep 2024, 07:05
Dedi
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Ilustrasi Perempuan Arab Berhijab Ilustrasi Perempuan Arab Berhijab (Pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Kondisi payudara yang kendur merupakan sesuatu yang alami dan bisa dialami oleh siapa saja seiring dengan berjalannya waktu. Namun, beberapa faktor tertentu dapat mempercepat terjadinya kondisi ini. Berikut adalah lima penyebab utama payudara kendur yang perlu Anda ketahui:

1. Penuaan Alami

Ilustrasi Perempuan Bermain Komputer <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Perempuan Bermain Komputer (Pixabay)

Penuaan merupakan salah satu penyebab utama dari kendurnya payudara. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan elastisitas dan jaringan penopang di sekitar payudara melemah. Hal ini membuat payudara tampak lebih kendur dari waktu ke waktu, terutama setelah menopause, saat produksi kolagen dan elastin menurun.

2. Perubahan Berat Badan

Fluktuasi berat badan yang drastis juga dapat mempengaruhi kekencangan payudara. Ketika seseorang mengalami kenaikan berat badan, kulit di sekitar payudara meregang. Namun, ketika berat badan turun secara drastis, kulit mungkin tidak kembali ke bentuk semula, sehingga menyebabkan payudara terlihat kendur.

3. Kehamilan dan Menyusui

Ilustrasi hamil <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi hamil (Pixabay)

Selama kehamilan, payudara mengalami perubahan ukuran dan bentuk yang signifikan akibat peningkatan produksi hormon. Setelah melahirkan dan menyusui, jaringan penopang di dalam payudara mungkin melemah, menyebabkan payudara menjadi lebih kendur. Meski menyusui sendiri bukan penyebab utama, perubahan hormon dan ukuran selama kehamilan yang memiliki dampak lebih besar.

4. Kebiasaan Tidak Menggunakan Bra yang Tepat

Pemilihan bra yang salah atau tidak menggunakan bra sama sekali dapat mempengaruhi kekencangan payudara. Bra yang tidak memberikan dukungan yang memadai akan membuat ligamen penopang payudara lebih cepat melemah karena harus menanggung beban tanpa bantuan. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan kendurnya payudara.

Halaman
x|close