5 Bahaya Squat Jump Berlebihan yang Wajib Diwaspadai

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 3 Okt 2024, 00:00
Adiansyah
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Ilustrasi Squat Jump Ilustrasi Squat Jump (Freepik bublikhaus)

Ntvnews.id, Jakarta - Squat jump adalah salah satu latihan fisik yang populer untuk meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan.

Meskipun memiliki banyak manfaat, melakukan squat jump secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan.

Berikut adalah lima bahaya yang perlu diperhatikan jika terlalu sering melakukan squat jump, dilansir dari berbagai sumber.

Bahaya Squat Jump Berlebihan

1. Cedera Meniskus

Ilustrasi Squat Jump <b>(Freepik/ diana.grytsku)</b> Ilustrasi Squat Jump (Freepik/ diana.grytsku) Cedera meniskus adalah salah satu jenis cedera lutut yang umum terjadi, terutama di kalangan atlet dan mereka yang aktif secara fisik.

Cedera meniskus juga bisa terjadi ketika bagian meniskus di lutut mengalami robekan. Karena itu, kondisi ini sering disebut sebagai meniskus yang robek.

Cidera ini dapat mengakibatkan masalah dalam bergerak, karena lutut akan terasa sangat nyeri. Dalam beberapa situasi, penderita mungkin tidak dapat berjalan sama sekali.

2. Cedera ligamen hingga putusnya ligamen

Cedera ligamen adalah kondisi yang umum terjadi, terutama di kalangan atlet dan individu yang aktif.

Ligamen adalah jaringan ikat yang menghubungkan tulang-tulang di persendian dan berfungsi untuk memberikan stabilitas dan dukungan.

Cedera pada ligamen dapat bervariasi dari robek sebagian hingga putus total, dan dapat mempengaruhi fungsi sendi secara signifikan.

Halaman
x|close