Iqbaal Ramadhan Rilis Album Perdana Bertajuk "Fortuna"

NTVNews - 30 Mei 2024, 16:15
Bagas Adi Pangestu
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Iqbal Ramadhan Iqbal Ramadhan (Bagas NTV)

 

Ntvnews.id, Jakarta - Iqbaal Ramadhan menggelar konferensi pers perilisan album penuh bertajuk Fortuna yang berisikan 11 lagu. Fortuna hadir sebagai debut album perdana dari proyek solo Iqbaal, sekaligus sebuah pernyataan kembali dirinya ke kancah musik Tanah Air dengan mengusung nama BAALE (nama panggung). Album ini digawangi Hendra Jaya Putra (komposer, personil band “Rock n’ Roll Mafia”) sebagai produser, dibantu oleh Lucky Sarwo sebagai co-produser.

Pada tanggal 19 April 2024, BAALE meluncurkan tiga single awal dari album “FORTUNA” (“Cinta Luka Sempurna”, “Fortuna”, dan “Di Bawah Lampu”); bersamaan dengan kehadiran sebuah kompilasi video klip unik berdurasi cukup panjang yang disutradai oleh “The Jadugar” (Henry Foundation & Anggun Priambodo). Berselang tak lama setelahnya, pada 24 Mei 2024, album penuh “FORTUNA” sudah bisa dinikmati oleh pecinta musik di Indonesia melalui berbagai platform digital penyedia musik streaming.

Terhitung sejak tahun 2021, Iqbaal telah menyiapkan sekitar delapan komposisi lagu yang akan menjadi materi utama dari album Fortuna. Kesempatan untuk memproduksi album ini terjadi pada awal tahun 2024, dengan menambahkan tiga materi baru sebagai pelengkap album. Secara simultan dan dalam waktu relatif singkat; beserta dukungan dari beberapa sahabat yang juga rekan musisi, BAALE berhasil merampungkan album Fortuna di akhir bulan April tahun 2024.

“Cukup banyak tantangan dalam proses pengerjaan album ini. Ada kendala waktu, namun harus tetap memprioritaskan kualitas musik yang bakal dihasilkan oleh album ini. Beruntung banget, dukungan dan bantuan mengalir deras dari teman-teman. Mereka ngebantu penuh perampungan FORTUNA. Kebayang, waktu itu harus nge’bagi fokus buat ngerja-in aktivitas rutin, sambil colongan nyelesai-in album. Yaah.. Resiko niatan jadi musisi, tapi kerjaan lain juga masih tetep numpuk.” tutur Iqbaal.

Selain Hendra Jaya Putra dan Lucky Sarwo, ada beberapa nama yang turut membantu BAALE dalam proses pengerjaan album Fortuna. Vincent Rompies didapuk menjadi bassist, dan Randy Danistha (komposer, personil band Nidji) sebagai drummer untuk single “Cinta Luka Sempurna”. Sementara itu, terdapat Rio Alief, Kafin Sulthan, dan Rey Tobink sebagai personil band pendukung di proyek musik BAALE. Bahkan, sosok Jozz Felix, Dinda Kamil, serta Sesa Nasution turut andil menjadi penyanyi latar. Ardi Gunawan (seniman visual) dan Lunarsaea (rancang visual) menyumbangkan karyanya untuk kebutuhan artwork di album “FORTUNA”. Masih banyak lagi nama rekan dan sahabat dari Iqbaal (yang tak bisa disebutkan satu-per-satu) juga ikut membantu proyek musik ini.

Iqbaal Ramadhan <b>(Bagas NTV)</b> Iqbaal Ramadhan (Bagas NTV)

BAALE adalah fenomena unik yang terjadi pada Iqbaal Ramadhan, hingga menjelma menjadi statement penting dalam menjawab ketertarikan Iqbaal pada musik; sebagai pencipta lagu, sebagai seorang musisi, sebagai penulis lirik, sebagai penampil, sebagai penghibur yang juga bernyanyi. Tidak bisa dipungkiri, sosok Iqbaal Ramadhan di dekade terakhir sangat lekat dengan karier dan sepak terjangnya di dunia layar lebar. Musik akan menjadi hal yang cukup bias bagi Iqbaal: Walaupun teringat jelas bahwa ranah ini merupakan pijakan awal baginya di dunia hiburan.

Halaman
x|close