Selamat Hari Lahir Pancasila, Ini Sejarah dan Maknanya bagi Bangsa Indonesia

NTVNews - 1 Jun 2024, 09:40
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Ilustrasi Garuda Pancasila Ilustrasi Garuda Pancasila (pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni di Indonesia. Peringatan ini menjadi momen penting bagi bangsa Indonesia untuk mengenang dan menghargai nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Berikut sejarah Hari Lahir Pancasila selengkapnya. 

Sejarah Lahirnya Pancasila

Ilustrasi Garuda Pancasila <b>(pixabay)</b> Ilustrasi Garuda Pancasila (pixabay)

Sejarah Hari Lahir Pancasila berawal dari pidato yang disampaikan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 di depan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Dalam pidatonya, Soekarno mengusulkan lima dasar yang kemudian dikenal sebagai Pancasila. Berikut adalah lima sila yang diajukan oleh Soekarno:

  1. Kebangsaan Indonesia (nasionalisme)
  2. Internasionalisme atau Perikemanusiaan
  3. Mufakat atau Demokrasi
  4. Kesejahteraan Sosial
  5. Ketuhanan yang Maha Esa

Pidato ini menjadi tonggak penting dalam sejarah pembentukan dasar negara Indonesia. Pada tanggal 22 Juni 1945, Panitia Sembilan yang dibentuk oleh BPUPKI merumuskan Pancasila dalam Piagam Jakarta. Akhirnya, pada 18 Agustus 1945, sehari setelah proklamasi kemerdekaan, Pancasila secara resmi disahkan sebagai dasar negara Indonesia oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Proses Pembentukan Pancasila

Ilustrasi Garuda Pancasila <b>(Pixabay)</b> Ilustrasi Garuda Pancasila (Pixabay)

Halaman
x|close