Pemilu India 2024: Modi Bersaing dengan Mantan Timsesnya yang Membantunya Menang Selama 10 Tahun

NTVNews - 19 Apr 2024, 18:00
Ramses Manurung
Penulis & Editor
Bagikan
Ilustrasi Pemilu/ist Ilustrasi Pemilu/ist

NTVNews.id-India baru saja memulai pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, pada Jumat (19/4/2024). Pemilu akan akan dilaksanakan dalam tujuh tahap, mulai 19 April hingga 1 Juni mendatang.

Pemenang Pemilu India 2024 akan diumumkan pada 4 Juni.

Dengan jumlah pemilih hampir 1 miliar orang, Pemilu India disebut sebagai pemilu terbesar dunia, dengan hampir 1 miliar pemilih yang memenuhi syarat.

India memiliki jumlah penduduk 1,4 miliar orang. Dari jumlah tersebut 969 juta diantaranya adalah pemilih yang memenuhi syarat pada tahun ini. Naik 57 juta pemilih dibanding pemilu nasional pada tahun 2019 yang diikuti 912 juta pemilih. Sebagai perbandingan, Pemilu Amerikat Serikat 2024 yang akan digelar pada bulan November, diikuti kurang dari 170 juta orang yang memenuhi syarat untuk memilih.

Komisi Pemilihan Umum India memerlukan persiapan berbulan-bulan dan mobilisasi sekitar 15 juta petugas pemilu dan staf keamanan untuk melaksanakan upaya besar-besaran dalam demokrasi.

Narendra Modi 

Perdana Menteri Narendra Modi maju sebagai petahana untuk masa jabatan ketiga kalinya. Modi diprediksi bakal terpilih kembali. Pasalnya, hasil survei menunjukkan tingkat kepuasan dan elektabilitas Modi mencapai 75% pada bulan Februari. Naik 15% dalam dua tahun terakhir.

Menurut pendukungnya, melonjaknya popularitas Modi karena sang petahana dinilai memiliki kinerja yang baik selama memimpin India. Modi mendapat respon positif karena upayanya membawa India ke panggung dunia sebagai negara besar. Tetapi para pengkritiknya menilai bahwa hal ini disebabkan oleh kebijakannya yang pro-Hindu dan anti-Muslim.

Halaman
x|close