Ini Respons KPAI Soal Ibu Antar Anak untuk Diperkosa Selingkuhannya di Madura

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 3 Sep 2024, 13:49
Deddy Setiawan
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ilustrasi Penganiayaan atau Kekerasan Ilustrasi Penganiayaan atau Kekerasan (pixabay)

Ntvnews.id, Jakarta - Komisioner KPAI, Dian Sasmita merespons kasus Ibu berinisial E (41) yang menyerahkan putrinya, berinisial T (13), ke oknum kepala sekolah berinisial J (41) untuk diperkosa di Sumenep Madura.

Menurutnya, Ia sangat prihatin atas kekerasan seksual yang dialami berulang kali oleh korban dan Ia juga menyebut bahwa saat ini pihak KPAI telah berkoordinasi dengan pihak terkait.

“KPAI sangat prihatin dengan kasus yang dialami anak T. Kekerasaan seksual dialami berulang kali yang tentunya memberi dampak fisik, psikis, mental, dan sosial anak. Hari ini, KPAI telah berkoordinasi dengan mitra setempat serta beberapa pihak terkait,’ ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima NTVnews.id.

Baca Juga: Pengakuan Kepsek yang Perkosa Anak Demi Tutupi Perselingkuhan dengan Ibu Korban

Lebih lanjut, Dian mengungkapkan bahwa KPAI mengapresiasi Polres Sumenep yang sduah dengan cepat menangani kasus ini dan Ia menekankan bahwa kasus ini harus tuntas secara hukum dan tidak menyelasaikan di luar peradilan formal.

“Oleh karenanya, KPAI mengapresiasi Kapolres Sumenep yang telah cepat menangani kasus ini. Penanganan hukum kasus TPKS pada anak dengan pelaku dewasa harus tuntas dan tidak mengenal penyelesaian di luar peradilan formal (Pasal 23 UU TPKS). Termasuk penyidik harus memberitahukan hak restitusi kepada korban dan LPSK. Ini penting dan menjadi hak anak korban atas penderitaan yang dialami." Ucapnya.

Komisioner KPAI menekankan harus adanya pendampingan hukum dan pemulihan psikososial secara cepat. Ia meminta pemerintah Sumenep dan lembaga layanan yang ada harus bisa memeneuhi hak korban, termasuk akses Pendidikan.

Halaman
x|close