Kementan Komitmen Kembangkan SDM Berkualitas untuk Kontribusi di Industri Kelapa Sawit

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 21 Sep 2024, 19:53
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Kementan soal kembangkan SDM untuk industri Sawit Kementan soal kembangkan SDM untuk industri Sawit (Dokumentasi Kementan)

Ntvnews.id, Jakarta - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perkebunan, Heru Tri Widarto mengungkapkan pihaknya telah memberikan rekomendasi teknis untuk beasiswa pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang kelapa sawit. 

Hal ini disampaikan Heru saat menggelar acara Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) kali ke tiga di Hall 5-6 ICE BSD Tangerang. 

“Ini adalah bukti nyata komitmen pemerintah dalam mengembangkan SDM berkualitas di sektor kelapa sawit Indonesia. Beasiswa ini dirancang untuk menghasilkan tenaga kerja unggul yang siap berkontribusi dalam industri kelapa sawit,” ungkap Heru.

Direktur Perlindungan Perkebunan, Hendratmojo Bagus Hudoro menyatakan pemerintah saat ini fokus terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) khususnya sawit. 

"Pemerintah sangat concern dalam meningkatkan kualitas pendidikan terkhusus sumber daya manusia (SDM) kelapa sawit, sebelumnya hanya ada 6 lembaga pendidikan yg bekerja sama dengan kita namun saat ini kita sudah bekerjasama dengan 23 lembaga pendidikan,” kata Bagus.

Menurut Bagus, beasiswa SDM kelapa sawit merupakan program kolaborasi antara Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementan dan BPDPKS yang berfokus pada peningkatan SDM kelapa sawit yang lulusannya dipersiapkan untuk bekerja pada industri perkebunan kelapa sawit Indonesia.

"SDM memegang peran penting dalam sawit berkelanjutan, untuk itu pemerintah mengambil peran dalam meningkatkan SDM sawit, baik dari sisi jumlah maupun kualitasnya. Adapun upaya-upaya yang telah kita lakukan seperti peningkatan SDM melalui beasiswa dan bimbingan teknis sesuai kebutuhan petani," tambahnya.

Halaman
x|close