Kakorlantas Polri Cek Pengamanan Lalu Lintas Jelang Ajang MotoGP di Mandalika

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 28 Sep 2024, 19:23
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan cek pengamanan lalu lintas jelang ajang MotoGP di Mandalika Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan cek pengamanan lalu lintas jelang ajang MotoGP di Mandalika

Ntvnews.id, Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan memantau kesiapan Posko Pengamanan (Pospam) Bundaran Sunggung I Sirkuit Mandalika dalam gelaran MotoGP yang berlangsung di Indonesia pada 27-29 September 2024.

Kedatangannya langsung disambut oleh Wadirlantas Polda NTB sekaligus Kasatgas III Walrolakir Operasi Mandalika Gatari 2024 AKBP Leo Dedy di Pospam Bandara.

Irjen Pol Aan Suhanan menjelaskan, titik titik pos pengamanan yang disiapkan pada gelaran Moto GP kali ini.

Ia pun menjelaskan bahwa Sirkuit Pertamina Mandalika telah tiga kali menjadi salah satu venue yang dipercaya dalam gelaran motor balap kali ini.

"Hari ini kami melaksanakan kesiapan terutama dari Satgas Walrolakir kesiapan nanti pelaksanaan kegiatan MotoGP yang akan diselenggarakan. Tadi kita sudah mengecek di Pos Bandara dan Pos Pam. Ini jadi Pos yang terakhir untuk kendaraan-kendaraan yang bisa masuk venue," kata Kakorlantas, Sabtu (28/9/2024).

Baca juga: Pertamina Enduro VR46 Racing Team Luncurkan Livery Baru Edisi Khusus Untuk MotoGP Mandalika 2024

"Ada dua gate yang nanti akan dijadikan tempat masuk ada gate timur di sini. Nanti akan ada tempat parkir disana seluruh pengunjung dan semuanya akan parkir di tempat parkir yang sudah disiapkan," tambahnya.

Lanjut kata Irjen Pol Aan Suhanan, rekayasa yang hendak disiapkan oleh personel apabila terjadi penumpukan pada jalur-jalur yang hendak dilewati oleh pelaksana acara hingga penonton.

Adapun rekayasa yang diberlakukan yakni contra flow namun pelaksanaannya akan diukur berdasarkan vc ratio jika kepadatan kendaraan telah melebihi batas yang ditentukan.

"Kemudian rekayasa lalu lintas nanti akan diberlakukan ini situasional pada saat bubar biasanya. Kita akan laksanakan contra flow ini kalau dibutuhkan. Jadi sangat situasional apabila dibutuhkan contra flow apabila jika indikator kendaraan memungkinkan kepadatannya melebihi vc ratio yang sudah kita tentukan," ungkap dia.

Baca juga: Francesco Bagnaia Bakal Fokus di MotoGp Mandalika

Lebih lanjut, Dirut PT Jasa Raharja Rivan A Purwantono mengimbau kepada masyarakat yang hendak menyaksikan pertandingan Moto GP tetap mengedepankan aspek keselamatan pada kendaraannya.

"Nah ini memastikan lagi apabila kalau setelah usai kembali pada race di hari minggu ini masyarakat yang menonton akan bersama-sama serentak dari sirkuit menuju ke lokasi masing-masing yaitu pengaturan juga sama apakah diperlukan contra flow semua akan dipertimbangkan kendaraan yang berkeselamatan sehingga semua masyarakat dapat mengikuti kegiatan dan selamat sampai tujuan," pungkasnya.

Halaman
x|close