Penampakan Banjir 4 Meter di Ulu Kaltim

NTVNews - 16 Mei 2024, 16:30
Alber Laia
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Kabupaten Mahakam Ulu di Kalimantan Timur dilanda banjir Kabupaten Mahakam Ulu di Kalimantan Timur dilanda banjir (Instagram)

Ntvnews.id, Jakarta - Kabupaten Mahakam Ulu di Kalimantan Timur dilanda banjir terparah sepanjang sejarah. Sejak 13 Mei 2024, air bah setinggi 3-4 meter menggenangi 5 kecamatan, merendam rumah, lahan, dan infrastruktur.

Banjir ini diperparah dengan kondisi geografis Mahakam Ulu yang dikelilingi perbukitan dan hutan, sehingga air sulit mengalir.

Hal ini diketahui melalui salah satu unggahan media social Instagram, pada Kamis, (16/5/2024).

"Ini banjir terparah dalam sejarah di Mahulu (Mahakam Ulu) Kaltim," tulis keterangan unggahan.

Banjir disebabkan oleh curah hujan tinggi yang merata di wilayah Mahakam Ulu dan anak Sungai Mahakam selama beberapa minggu terakhir. Ketinggian air di Ujoh Bilang, ibukota kabupaten, mencapai 4 meter, melampaui rekor banjir sebelumnya.

Ribuan warga terdampak banjir, mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, atau bertahan di rumah dengan kondisi seadanya. Aktivitas sehari-hari lumpuh, sekolah tutup, dan kebutuhan pokok mulai menipis.

Pemerintah daerah, dibantu oleh tim SAR dan relawan, terus berupaya mengevakuasi warga dan menyalurkan bantuan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mahakam Ulu telah mendirikan posko pengungsian dan dapur umum.

Halaman

TERKINI

Load More
x|close