Agus Gumiwang Sentil Pemkab Tuban di Hari Batik Nasional 2024

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 2 Okt 2024, 14:21
Adiansyah
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Menteri Perindustrian Agus Gumiwang (Ntvnews.id/Adiansyah)

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyentil pemerintah Kabupaten Tuban mengenai batik.

Hal ini diungkap Agus dalam acara perayaan Hari Batik Nasional 2024, digelar di Grand Atrium, Mal Kota Kasablanka, Rabu, 2 Oktober 2024.

Kata dia, ada hal cukup aneh mengenai permohonan pendaftaran Indikasi Geografis (IG) untuk Batik Tulis Gedog Tuban. Pasalnya, permohonan IG Batik Tulis asal Jawa Timur tersebut terkendala karena Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tuban tak kunjung memberikan respons dalam bentuk rekomendasi.

Agus menuturkan, pihaknya bersama Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sudah aktif dalam melakukan pendampingan, penyusunan dokumen deskripsi indikasi geografis sebagai syarat permohonan pendaftaran IG Batik Tulis Gedog Tuban.

Pameran batik di Hari Batik Nasional 2024 <b>(Ntvnews.id/ Adiansyah)</b> Pameran batik di Hari Batik Nasional 2024 (Ntvnews.id/ Adiansyah)

"Ini anehnya. Hingga saat ini indikasi geografis Batik Tulis Gedog Tuban masih belum dapat kami ajukan, karena masih menunggu respon dari pemerintah Kabupaten Tuban," kata Agus Gumiwang.

"Tanpa adanya usulan atau rekomendasi dari pemerintah daerah setempat, kami tidak bisa melanjutkan proses dari penunjukan Indikasi Geografis ini," sambungnya.

Agus dalam hal ini mendorong Pemda Tuban, supaya memberikan perhatian khusus pada Batik Tulis Gedog Tuban sejalan dengan upaya pemerintah dalam melestarikan produk batik lokal.

Halaman
x|close