Menko PMK Resmikan Pembukaan Museum Nasional Indonesia

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Okt 2024, 13:52
Adiansyah
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat menyampaikan keterangan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (13/6/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati. Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat menyampaikan keterangan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (13/6/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati. (ANTARA/Mentari Dwi Gayati.)

Ntvnews.id, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, meresmikan pembukaan kembali Museum Nasional Indonesia (MNI) setelah sebelumnya tutup sementara akibat kebakaran.

"Peresmian ini tidak hanya menandai dimulainya babak baru Museum Nasional Indonesia dalam memelihara dan memperkaya warisan budaya Indonesia," kata Muhadjir di Jakarta dikutip dari Antara.

"Tetapi juga mengukuhkan komitmen negara dalam mendukung kegiatan pendidikan dan kebudayaan yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat," sambungnya.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat menyampaikan keterangan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (13/6/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati.  <b>(ANTARA/Mentari Dwi Gayati.)</b> Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat menyampaikan keterangan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (13/6/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati. (ANTARA/Mentari Dwi Gayati.)

Muhadjir menegaskan, komitmen tersebut sejalan dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Sementara, setelah satu tahun menjalani proses revitalisasi secara intensif, Museum Nasional Indonesia kini siap untuk membuka kembali pintunya kepada publik dengan serangkaian peningkatan dan inovasi.

Museum Nasional Indonesia <b>(Ntvnews.id/Adiansyah)</b> Museum Nasional Indonesia (Ntvnews.id/Adiansyah)

Sekedar informasi, kebakaran museum yang terletak di Jakarta Pusat tersebut disebabkan oleh korsleting arus listrik dari bedeng proyek renovasi. Akibatnya, ratusan benda bersejarah rusak dan kemudian dievakuasi ke tempat penyimpanan sementara.

Pemulihan benda-benda bersejarah yang terdampak dilakukan oleh pengelola museum bekerja sama dengan para ahli seperti ahli konservator, arkeolog, antropolog, budayawan, sejarawan, kurator, dan para akademisi.

Halaman
x|close