Koordinasi dengan AS, Israel Siapkan Potensi Serang Iran

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 14 Okt 2024, 09:41
Adiansyah
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Drone Mujahidin Islam Iraq Serang Eilat Israel Drone Mujahidin Islam Iraq Serang Eilat Israel (MENAHEM KAHANA/AFP via Getty Images)

Ntvnews.id, Israel - Tentara Israel dikabarkan sedang mempersiapkan kemungkinan tindakan terhadap Iran dalam koordinasinya dengan Amerika Serikat (AS).

Hal ini setelah Iran meluncurkan serangan rudal sebagai balasan atas tindakan Israel awal bulan ini, menurut laporan dari media Israel pada hari Minggu.

Channel 12 menyebutkan bahwa Israel telah menetapkan bentuk respons terhadap Iran, meskipun waktu pelaksanaannya belum dipastikan.

Melansir dari Antara, pada malam Sabtu, militer Israel mengumumkan penggelaran sistem rudal Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) buatan AS untuk menghadapi potensi ancaman rudal balistik dari Iran.

Agresi Israel di Jalur Gaza terus memakan korban warga sipil Palestina. Agresi Israel di Jalur Gaza terus memakan korban warga sipil Palestina.

Kemudian penggelaran THAAD adalah bagian dari persiapan Israel untuk apa yang digambarkan sebagai serangan "besar" terhadap Iran, dan militer Israel berkoordinasi erat dengan AS yang akan diinformasi sebelum langkah apapun diambil.

Sistem THAAD, yang akan dikelola oleh personel AS di Israel, dirancang untuk mencegat rudal balistik pada ketinggian tinggi, yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pertahanan udara Israel secara signifikan.

Sistem ini, yang diproduksi oleh Lockheed Martin, mampu mencegat rudal balistik dengan jarak pendek hingga menengah.

Halaman
x|close