Puan Ngaku Sudah Terima Surat Pengangkatan Kepala BIN Herindra

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 15 Okt 2024, 13:04
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
M Herindra Calon Kepala BIN M Herindra Calon Kepala BIN (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - DPR RI telah menerima surat dari presiden mengenai pengangkatan Kepala BIN yang baru. Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyatakan bahwa nama yang diusulkan untuk posisi tersebut adalah M Herindra, yang merupakan Wakil Menteri Pertahanan 2019-2024.

"Jadi sudah diusulkan satu nama dari Presiden Jokowi. Surpres pergantian Kepala BIN atas nama Pak Herindra yang insyaallah akan dilaksanakan fit and proper (test)-nya atau pertimbangan dari DPR-nya itu insyaallah besok pagi di DPR," kata Ketua DPR RI Puan Maharani dalam konferensi pers di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2024.

Baca Juga: Bukan Kader, PKS Sebut Sosok Profesional Ini Sebagai Calon Menteri Usulannya

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, menjelaskan bahwa pelaksanaan fit and proper test ini perlu diperhatikan mengingat anggota alat kelengkapan Dewan (AKD) di komisi-komisi belum terbentuk saat ini.

Dasco menambahkan bahwa pimpinan DPR dan pimpinan fraksi-fraksi di DPR yang akan melaksanakan fit and proper test tersebut.

"Sudah diputusin di rapat konsultasi dan (fit and proper test) dilakukan oleh pimpinan DPR dan pimpinan fraksi," katanya, Senin, 14 Oktober 2024.

Herindra diketahui menghadiri pertemuan dengan Prabowo pada Senin di kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, di mana Prabowo memanggil calon menteri dan wakil menteri pemerintahannya.

Halaman
x|close