Selain Mundur Jadi Ketum, Yusril Ternyata Hengkang dari PBB

NTVNews - 20 Mei 2024, 07:32
Moh. Rizky
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Yusril Ihza Mahendra. (Antara) Yusril Ihza Mahendra. (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Yusril Ihza Mahendra memutuskan mundur sebagai Ketua Umum Partai Bulan Bintang (Ketum PBB). Keputusan mundur disampaikan Yusril dalam Sidang Musyawarah Dewan Partai (MDP) yang diselenggarakan di DPP PBB Jalan Raya Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu (18/5/2024). Bukan cuma itu, Yusril ternyata juga keluar dari PBB.

Yusril menjelaskan, usai keluar dari PBB ia akan tetap terlibat secara intens baik sebagai akademisi maupun sebagai profesional di bidang hukum dan pemerintahan.

Menurut dia, dengan membebaskan diri dari ikatan partai, ia akan lebih leluasa bergerak dan berbuat.

"Katakanlah saya dapat bertindak sebagai seorang negarawan yang mengatasi segala paham dan golongan untuk kepentingan bangsa dan negara," ujar Yusril, Minggu (19/5/2024)

"Dalam kondisi seperti itu, saya bisa berbuat optimal menggunakan segala kemampuan dan keahlian untuk ikut memecahkan persoalan-persoalan bangsa, katakanlah dalam membangun kehidupan hukum, demokrasi dan konstitusi, tanpa beban anggapan memperjuangkan kepentingan partisan," imbuhnya.

Yusril mengakui keterikatan dirinya dengan PBB tak bisa dilepaskan begitu saja. Tapi, kata dia, selama menjabat ketum, dirinya sudah sering menyampaikan pandangan terkait aspek konstitusi, hukum hingga demokrasi dan tak mewakili PBB.

"Tentu jejak keterkaitan historis saya dengan PBB yang menganut ideologi modernisme Islam tidak akan terhapus begitu saja," ucap Yusril.

Halaman

NEWS TERKAIT

TERKINI

Load More
x|close