AS Serang 5 Lokasi Penyimpanan Senjata Bawah Tanah Milik Houthi di Yaman

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 17 Okt 2024, 13:36
Adiansyah
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Bendera Amerika Serikat/ist Bendera Amerika Serikat/ist

Ntvnews.id, AS - Amerika Serikat melakukan serangan pada hari Rabu terhadap lima lokasi penyimpanan senjata bawah tanah di wilayah yang dikuasai Houthi di Yaman.

"Pasukan AS menargetkan beberapa fasilitas bawah tanah Houthi yang menyimpan berbagai komponen senjata yang digunakan Houthi untuk menargetkan kapal sipil dan militer di seluruh wilayah," kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin, dikutip dari India Today Kamis, 17 Oktober 2024.

Serangan tersebut terjadi usai militer AS awal bulan ini melakukan 15 serangan terhadap target yang terkait dengan pejuang Houthi, bersekutu dengan Iran di Yaman di mana penduduk melaporkan ledakan di pos-pos militer dan sebuah bandara.

Ilustrasi. Bendera Amerika Serikat Ilustrasi. Bendera Amerika Serikat

Melansir dari Reuters, pejuang Houthi di Yaman telah melancarkan hampir 100 serangan terhadap kapal-kapal yang menyeberangi Laut Merah sejak November.

Mereka mengatakan bahwa aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas dengan warga Palestina dalam perang Israel selama setahun di Gaza. 

Mereka telah menenggelamkan dua kapal, menyita satu kapal lagi, dan menewaskan sedikitnya empat pelaut.

Komando Pusat AS (CENTCOM) mengatakan dalam sebuah posting di media sosial X, bahwa penilaian kerusakan pertempuran sedang dilakukan dan tidak menunjukkan adanya korban sipil.

Halaman
x|close