Profil Presiden Sementara Negara Iran, Mohammad Mokhber

NTVNews - 20 Mei 2024, 15:06
Alber Laia
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Mohammad Mokhber Mohammad Mokhber (Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Mohammad Mokhber, 68 tahun, wakil presiden pertama Iran yang menjadi presiden sementara setelah kematian Ebrahim Raisi dalam sebuah kecelakaan helikopter.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, yang memegang kekuasaan tertinggi dengan keputusan akhir mengenai kebijakan luar negeri dan program nuklir Iran, mengatakan bahwa tidak akan ada gangguan terhadap urusan negara menyusul kecelakaan yang dialami Raisi.

Dilansir Al Jazeera, jika Presiden Iran hilang atau meninggal dunia, maka Wakil Presiden Pertama akan mengambil alih tugasnya. Saat ini posisi tersebut dijabat oleh Mohammad Mokhber, yang akan mengambil alih kekuasaan tanpa kehadiran Raisi.

Namun, hal ini memerlukan persetujuan pemimpin tertinggi setelah Presiden yang menjabat dipastikan meninggal atau tidak mampu menjalankan tugasnya.

Pemilihan tersebut kemudian harus diatur dalam waktu tidak lebih dari 50 hari.

Berikut profil singkat Mohammad Mokhber yang dikutip beberapa dari Reuters:

Mokhber ditunjuk sebagai wakil presiden pertamanya pada Agustus 2021, tak lama setelah menjabat. Ia adalah orang ketujuh yang menjabat posisi tersebut sejak revisi konstitusi.

Halaman
x|close