Sosok Brigjen Indra Jafar, eks Kapolresta Cirebon yang Bongkar Kasus Pembunuhan Vina

NTVNews - 24 Mei 2024, 14:45
Dedi
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Brigjen Indra Jafar Brigjen Indra Jafar (Tangkapan Layar: YouTube)

Ntvnews.id, Jakarta - Brigjen Pol Indra Jafar baru-baru ini menjadi sorotan imbas kasus pembunuhan Vina Cirebon dan sang kekasih yang bernama Muhammad Rizky alias Eky. Kasus pembunuhan yang terjadi tahun 2016 itu bahkan sudah menjadi film layar lebar sehingga publik menyoroti kasusnya. 

Namun, pada tahun 2016 lalu, Indra Jafar masih menduduki jabatan sebagai Kapolres Cirebon Kota. Setidaknya ada 11 pelaku yang terlibat dalam peristiwa tragis tersebut. Namun, baru 8 orang tersangka yang diamankan dan diproses hukum. Sedangkan tiga lainnya masih buron. 

Raih Bintang 1 pada 2024

Brigjen Indra Jafar <b>(Tangkapan Layar: YouTube)</b> Brigjen Indra Jafar (Tangkapan Layar: YouTube)

Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1995 itu sempat menduduki beberapa jabatan penting di Korps Bhayangkara. Kariernya semakin menanjak yang diawali ketika menduduki jabatan sebagai Kasubdit Regident Dirlantas Polda Jabar pada 2016.

Setelah itu, ia menjadi Kapolres Cirebon Kota pada 2016 dan berlanjut menduduki Wadirlantas Polda Metro Jaya di tahun yang sama. Kemudian, pada 2017 ia ditunjuk sebagai Kabipropam Polda Jatim dan setahun kemudian ditunjuk sebagai Kapolres Metro Jakarta Selatan. 

Pada 2019, ia menduduki jabatan sebagai Kasubdit Jemenopsrek Ditkamsel Korlantas Polri sebelum akhirnya diangkat sebagai Kabagproggar Rojianstra Sops Polri pada 2024. Sejak saat itu, Indra Jafar meraih pangkat jenderal bintang satu. 

Halaman
x|close