Anak Buah SYL Bikin Grup WA 'Saya Ganti Kalian', Sindir Pak Menteri?

NTVNews - 27 Mei 2024, 16:15
Moh. Rizky
Penulis
Tim Redaksi
Editor
Bagikan
Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). (Antara) Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL). (Antara)

Ntvnews.id, Jakarta - Mantan anak buah eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memiliki grup WhatsApp (WA) dengan nama yang unik. Yakni "Saya Ganti Kalian".

Hal ini diungkap salah seorang pegawai protokol Mentan era SYL, Rini, saat memberi kesaksian pada sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Pusat, Senin, 27 Mei 2024. Grup WA itu berisi jajaran Sekretariat Mentan.

Rini menjelaskan, grup dibuat agar para protokol SYL bisa berkoordinasi mengenai jadwal dan agenda SYL dengan para penjaga rumah dinas SYL di Jalan Widya Chandra, Jakarta.

 

Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). (Antara) Mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). (Antara)

"Nama grup-nya 'Saya Ganti Kalian', tetapi saya tidak tahu kenapa namanya itu karena ketika saya masuk ke Sekretariat Mentan namanya sudah itu," ujar Rini saat menjadi saksi dalam sidang perkara pemerasan dan gratifikasi dengan terdakwa SYL, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Senin (27/5/2024).

Bukan cuma dirinya, kata Rini, di dalam grup tersebut berisi banyak pejabat teras lainnya, antara lain Tim Sekretariat Mentan, Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan pada tahun 2023 Muhammad Hatta, honorer Sekretariat Jenderal Kementan Ubaidah Nabhan selaku salah satu penjaga rumah dinas SYL di Widya Chandra, dan mantan ajudan SYL, Panji Hartanto.

Ia menuturkan ketika itu, pada Februari 2020, Hatta belum menjadi Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan. Tapi, Hatta yang merupakan pegawai Kementan kala itu sudah sering mendampingi SYL, khususnya di berbagai kegiatan.

Kendati belum menjadi Direktur Kementan, dia menuturkan bahwa Hatta di dalam grup tersebut sering memberikan arahan terkait dengan beberapa kegiatan SYL hingga teguran.

Halaman
x|close