Jokowi Minta Sosialisasi Pancasila Pakai Cara Kekinian

NTVNews - 1 Jun 2024, 11:15
Muslimin Trisyuliono
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Presiden Jokowi Presiden Jokowi (Youtube: Sekretariat Presiden)

Ntvnews.id, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan sosialisasi Pancasila harus dilakukan dengan cara kekinian, mengingat saat ini didominasi generasi Y atau milenial, generasi Z dan generasi alpha.

Hal tersebut diungkapkan Presiden Jokowi saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 di Dumai, Riau, Sabtu, 1Juni 2024.

"Kini Demografi Indonesiaa didominasi oleh generasi Y, generasi milenial, generasi Z, dan generasi alpha," ujar Jokowi.

"Oleh karena itu, cara kita menyosialisasikan Pancasila juga harus dengan cara-cara mereka, dengan cara dan praktik-praktik, teladan yang nyata dan menggunakan serta mengembangkan budaya Indonesia," lanjutnya.

Di tengah perkembangan zaman saat ini, Kepala Negara menekankan nilai-nilai Pancasila harus diaktualisasikan dan diwariskan dalam perilaku nyata dalam kebijakan-kebijakan nyata yang jelas hasilnya dan dirasakan manfaatnya oleh rakyat.

Serta ia mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk terus memegang teguh nilai-nilai Pancasila, menunjukkannya dalam ucapan, perilaku dan kebijakan yang berpihak nyata kepada seluruh rakyat Indonesia dan menjadikan Indonesia berwibawa di mata dunia.

Adapun generasi Y atau milenial adalah mereka yang lahir pada tahun 1981 hingga 1996, kemudian generasi Z atau gen Z mereka yang lahir pada 1997 hingga 2012.

Sementara generasi alpha mengacu pada mereka yang lahir antara awal 2010-an hingga 2020.

Halaman

TERKINI

Load More
x|close