Pemerintah Batalkan Kenaikan UKT Tahun Ini, Mahasiswa Lega?

NTVNews - 2 Jun 2024, 13:09
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
Kenaikan UKT kemungkinan akan tetap berlaku pada tahun depan. Kenaikan UKT kemungkinan akan tetap berlaku pada tahun depan.

Ntvnews.id, Jakarta - Kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) telah dibatalkan. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Mendikbudristek Nadiem Makarim untuk mengevaluasi dan mencari cara agar tarif UKT tak memberatkan mahasiswa. 

Namun demikian, kenaikan UKT kemungkinan akan tetap berlaku pada tahun depan. Presiden Jokowi memastikan tarif UKT batal naik pada tahun ini. 

Dia meminta Nadiem Makarim agar tarif UKT tidak memberatkan mahasiswa. Presiden Jokowi juga memerintahkan Nadiem Makarim untuk mengkaji dan mengkalkulasi ulang rencana kenaikan UKT.

Sehingga kenaikan UKT kemungkinan baru akan berlangsung pada tahun depan.

"Kemungkinan ini akan dievaluasi dulu, kemudian kenaikan setiap universitas akan dikaji dan dikalkulasi sehingga kemungkinan, ini masih kemungkinan, nanti ini kebijakan di Mendikbud, akan dimulai kenaikannya tahun depan. Jadi ada jeda, tidak langsung seperti sekarang ini," ujar Presiden Jokowi. 

Sebelumnya Nadiem menyatakan kenaikan UKT pada tahun ini dibatalkan. Dia mengaku akan mengevaluasi satu persatu permintaan perguruan tinggi untuk menaikkan UKT pada tahun depan.

Baca Juga: NTV Prime: UKT Mahal, Pengamat: Kualitas Pendidikan Tinggi Menurun, Akses untuk Warga Negara Juga Turun

Halaman

TERKINI

Load More
x|close