Pancing Kemarahan Iran, Pasukan Militer Israel Bunuh Perwira Satuan Elite Iran di Suriah

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 5 Jun 2024, 10:04
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Perwira Elite Iran, Saeid Abyar Perwira Elite Iran, Saeid Abyar (Tangkapan Layar: Twitter )

Ntvnews.id, Jakarta - Seakan merasa tidak takut dengan ancaman Iran, militer Israel kembali memancing kemarahan Iran usai melancarkan serangan udara di kota Aleppo, Suriah pada Senin, 3 Juni 2024. Aksi tentara zionis ini dikabarkan sudah membunuh seorang perwira militer Iran. 

Melansir dari kantor berita Turki, Anadolu Agency, perwira militer yang tewas terbunuh dalam serangan tersebut adalah Saeid Abyar. Abyar merupakan salah seorang anggota pasukan elite Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) yang ditugaskan di Suriah sebagai penasihat militer. 

Laporan dari Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) mengatakan bahwa serangan militer Israel ini menyisir basis milisi yang disokong militer Iran. SOHR juga mengatakan bahwa serangan udara jet tempur Israel ini menyasar sebuah pabrik di kota Hayyan, Suriah Utara. 

Pabrik tersebut diyakini oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dipakai sebagai tempat untuk menampung milisi pendukung Iran. Tercatat, 12 orang tentara bayaran Iran telah tewas akibat serangan tersebut karena ada ledakan yang cukup besar. 

"12 pejuang pro-Iran dari Suriah dan warga negara asing tewas. Menurut penghitungan awal, dalam serangan udara Israel terhadap sebuah posisi di kota Hayyan, utara Aleppo, memicu ledakan kuat di sebuah pabrik," bunyi pernyataan Syrian Observatory for Human Rights

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Suriah mengonfirmasi bahwa Israel telah melakukan serangan. Dalam pernyataannya, kementerian tersebut juga mengatakan bahwa militer Israel memulai serangan tersebut pada malam hari. 

Ilustrasi bendera Iran dan Israel/ist Ilustrasi bendera Iran dan Israel/ist

"Setelah tengah malam, musuh Israel melancarkan serangan udara dari tenggara Aleppo dan menargetkan beberapa posisi. Agresi tersebut menyebabkan beberapa korban jiwa dan kerusakan material," kata Kementerian Pertahanan Suriah. 

Halaman
x|close