Banjir Mematikan Terjang Brasil: Korban Tewas 75 Orang, 100 Lebih Hilang

NTVNews - 6 Mei 2024, 15:19
Deddy Setiawan
Penulis
Siti Ruqoyah
Editor
Bagikan
Banjir Brasil Banjir Brasil (Istimewa)

Ntvnews.id, Brasil - Banjir besar di negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil selatan telah menewaskan sedikitnya 75 orang dalam tujuh hari terakhir, dan 103 orang lainnya dilaporkan hilang.

Dilansir dari Al Jazeera, Senin, 5 Mei 2024, erusakan akibat hujan juga memaksa lebih dari 88.000 orang mengungsi dari rumah mereka, kata otoritas pertahanan sipil negara bagian pada hari Minggu. Sekitar 16.000 orang mengungsi ke sekolah-sekolah, gimnasium, dan tempat penampungan sementara lainnya.

Banjir meninggalkan kehancuran, termasuk tanah longsor, jalan yang hanyut dan jembatan yang runtuh di seluruh negara bagian. 

Para operator melaporkan terputusnya aliran listrik dan komunikasi. Lebih dari 800.000 orang tidak memiliki pasokan air, menurut pertahanan sipil, yang mengutip angka-angka dari perusahaan air Corsan. 

Banjir Brasil <b>(Istimewa)</b> Banjir Brasil (Istimewa)

"Saya ulangi dan tegaskan: kehancuran yang kita alami belum pernah terjadi sebelumnya," kata Gubernur negara bagian Eduardo Leite pada hari Minggu pagi. Dia sebelumnya mengatakan bahwa negara bagian ini akan membutuhkan "semacam 'Marshall Plan' untuk dibangun kembali".

Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva mengunjungi Rio Grande do Sul untuk kedua kalinya pada hari Minggu, didampingi oleh Menteri Pertahanan Jose Mucio, Menteri Keuangan Fernando Haddad dan Menteri Lingkungan Hidup Marina Silva. 

Pemimpin negara bagian ini dan timnya meninjau jalan-jalan yang terendam banjir di ibukota negara bagian, Porto Alegre, dari sebuah helikopter.

Halaman
x|close