Profil Keir Starmer, PM Baru Inggris yang Berhasil Tumbangkan Rishi Sunak

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 5 Jul 2024, 14:30
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Keir Starmer Keir Starmer (Reuters)

Ntvnews.id, Inggris - Keir Starmer berjanji untuk membawa perubahan ke Inggris sebagai perdana menteri berikutnya setelah Partai Buruh meraih kemenangan komprehensif dalam pemilihan parlemen pada hari Jumat, mengakhiri 14 tahun pemerintahan Konservatif yang penuh gejolak.

Partai Buruh memenangkan sebanyak 650 kursi parlemen, sedangkan Partai Konservatif pimpinan Rishi Sunak akan kalah karena para pemilih menghukum mereka karena krisis biaya hidup, kegagalan layanan publik, dan serangkaian skandal. Berikut profil Keir Starmer. 

Profil Keir Starmer

Melansir The Guardian, Keir Starmer diketahui lahir pada 2 September 1962, London, Inggris. Ia adalah seorang politikus dan pengacara Inggris yang menjadi pemimpin Partai Buruh pada tahun 2020. Ia menjabat sebagai anggota Parlemen untuk Holborn dan St.Pancras sejak 2015. 

Starmer adalah satu dari empat bersaudara dari Rodney Starmer, yang bekerja sebagai pembuat perkakas di sebuah pabrik, dan Josephine Starmer, seorang perawat. Dia diberi nama Keir karena berasal dari pemimpin parlemen pertama Partai Buruh, J. Keir Hardie. 

Starmer dibesarkan di Surrey dan bersekolah di Reigate Grammar School, sebuah sekolah negeri selektif yang menjadi swasta selama menjadi siswa di sana. Dia adalah anggota keluarga pertama yang memperoleh gelar sarjana hukum dari Universitas Leeds tahun 1985. 

Ia selanjutnya memperoleh gelar sarjana hukum perdata di St. Edmund Hall, Oxford. Kemudian, sekitar tahun 1986 dan 1987 Starmer menjadi anggota kolektif editorial majalah sayap kiri Socialist Alternatives.

Halaman
x|close