AS Tuduh Iran Jadi Dalang Huru-hara yang Sedang Terjadi di Negaranya

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 11 Jul 2024, 10:54
Deddy Setiawan
Penulis
Tasya Paramitha
Editor
Bagikan
Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kiri) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan). ANT Presiden Amerika Serikat Joe Biden (kiri) dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu (kanan). ANT (Antara/Antadolu/aa)

Ntvnews.id, Washington DC - Kepala intelijen Amerika Serikat mengklaim bahwa Iran telah memanfaatkan protes yang sedang berlangsung di Amerika Serikat terkait penentangan terhadap perang Gaza, termasuk dengan memberikan pembayaran kepada para demonstran.

Dilansir dari VOA, Kamis, 11 Juli 2024, Avril Haines, direktur intelijen nasional, menegaskan bahwa tuduhannya tidak menyiratkan bahwa warga AS yang turun ke jalan untuk mengecam Israel atau kebijakan AS tidak tulus, atau bahwa mereka bertindak atas permintaan Iran.

Namun, dia mengungkapkan bahwa Teheran sedang meningkatkan upayanya untuk campur tangan.

"Dalam beberapa minggu terakhir, pemerintah Iran telah mencoba secara oportunis memanfaatkan protes yang sedang berlangsung terkait perang di Gaza, menggunakan strategi yang telah digunakan oleh pihak lain selama bertahun-tahun," kata Haines dalam pernyataannya.

Kaum liberal Iran berunjuk rasa memprotes kematian perempuan Mahsa Amini yang diduga tewas akibat di Kaum liberal Iran berunjuk rasa memprotes kematian perempuan Mahsa Amini yang diduga tewas akibat di

"Kami telah mengamati agen yang terkait dengan pemerintah Iran menyamar sebagai aktivis di platform daring, berupaya mendorong protes, bahkan memberikan dukungan finansial kepada para demonstran," tambahnya.

Baca Juga: Rusia Obrak-abrik dan Bongkar Sistem Rudal Buatan Amerika Serikat

"Kebebasan untuk menyuarakan berbagai pandangan, selama dilakukan dengan damai, merupakan hal yang sangat penting bagi demokrasi kita. Namun, kita juga perlu mengingatkan aktor asing yang mencoba memanfaatkan perdebatan kita untuk kepentingan mereka sendiri," ujarnya.

Halaman
x|close