Siapa Dr Ari Gordon? Pembicara Seminar di Masjid Istiqlal yang Diduga Ditunggangi Yahudi Israel

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 18 Jul 2024, 09:40
Dedi
Penulis
Beno Junianto
Editor
Bagikan
Ari Gordon Ari Gordon (ajc.org)

Ntvnews.id, Jakarta - Sosok Dr Ari Gordon tiba-tiba saja menjadi perbincangan di media sosial lantaran dijadwalkan menjadi pengisi acara seminar yang digelar di Masjid Istiqlal. Namun, seminar yang rencananya digelar Rabu, 17 Juli 2024 itu mendadak batal setelah menuai kritikan dari warganet. 

Batalnya seminar yang bertajuk "Relations Among Abrahamic Religious Communities in History and Today" tersebut diduga karena Dr Ari Gordon dianggap sebagai salah satu tokoh Yahudi yang mendukung negara zionis Yahudi. 

Sementara itu, Pengelola Masjid Istiqlal Jakarta mengklaim bahwa dirinya tidak tahu-menahu soal poster seminar yang mengundang tokoh Yahudi Amerika di Masjid Istiqlal tersebut. Beredarnya poster tersebut langsung memicu polemik di masyarakat. 

Masjid Istiqlal Jakarta <b>(Google Maps)</b> Masjid Istiqlal Jakarta (Google Maps)

"Saya tanya panitianya, memang tidak jadi dilaksanakan. Flyer itu beredar tanpa diketahui pimpinan," ungkap Anggota Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) Ismail Cawidu saat ditemui awak media di Jakarta, pada Rabu, 17 Juli 2024 kemarin. 

Dalam poster seminar yang beredar, rencananya Ari Gordon akan mengisi seminar tersebut di Perpustakaan Masjid Istiqlal. Ismail kemudian menegaskan bahwa poster undangan seminar yang ramai diperbincangkan itu bukan dari pihak Masjid Istiqlal. 

“Ya tidak ada (seminarnya). Artinya flyer itu tidak resmi dari Istiqlal. Sikap dan pandangan Istiqlal konsisten Bersama pemerintah mendukung kemerdekaan Palestina. Istiqlal telah menghimpun dana bersama jamaah memberikan bantuan ke warga Palestina,” katanya.

Halaman
x|close