Pemasangan Bilah Terakhir Garuda Istana Negara IKN, Bukti Komitmen dan Dedikasi Nyoman Nuarta, Sang Maestro

NTVNews - Berita Hari Ini, Terbaru dan Viral - 1 Agu 2024, 10:32
Beno Junianto
Penulis & Editor
Bagikan
Pemasangan bilah terakhir Garuda di IKN Pemasangan bilah terakhir Garuda di IKN (Dokumentasi)

Ntvnews.id, Jakarta - Gegap gempita kegembiraan bercampur haru mewarnai suasana para pekerja pembangunan Istana Negara IKN setelah pemasangan bilah ke-4650, bilah terakhir dan tertinggi (topping off) di sayap barat selubung Garuda dituntaskan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono, yang hadir dan larut dalam kebahagiaan bersama para pekerja, mengungkapkan bahwa pemasangan bilah terakhir Garuda di Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, menandai selesainya pembangunan Garuda pada istana presiden di mana pemasangan perdananya dilakukan pada 17 September 2023 oleh Presiden Joko Widodo.

“Hal ini juga merupakan bagian dari penyelesaian akhir gedung Kantor Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) IKN. Alhamdulillah, kita menyaksikan dan melaksanakan pemasangan bilah ke-4650 yang menandai selesainya pembangunan Garuda kita ini," ujar Basuki Hadimuljono melalui keterangan tertulis kepada NTVnews.id, Kamis 1 Agustus 2024.

Dengan susunan detail yang cermat dan penuh makna, selubung Garuda ini mencerminkan kekuatan dan keindahan Indonesia yang melambangkan semangat persatuan dan keberagaman. Proses pemasangan bilah terakhir ini juga menjadi momen bersejarah dalam pembangunan Istana Negara IKN, yang menjadikan bangunan tersebut sebagai ikon yang memperkuat jati diri dan kebanggaan bangsa.

Pemasangan bilah terakhir Garuda ini, merupakan wujud nyata komitmen dan dedikasi tinggi sosok Nyoman Nuarta dalam menghadirkan satu lagi karya monumental sekaligus sejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia. Kali pertama Indonesia akhirnya memiliki istana negara dengan arsitektur yang sangat kental menonjolkan unsur budaya nasional.

“Nyoman Nuarta telah membuktikan komitmen dan dedikasinya yang tinggi pada pekerjaan yang diberikan kepadanya serta menjawab berbagai tantangan dari banyak pihak, sekaligus membuktikan bahwa bekerja dan berkarya lebih penting daripada berpolemik,” ujar Anya Madiadipoera, Direktur Utama NuArt Sculpture Park, Anya Madiadipoera, putri pertama Nyoman Nuarta.

Pemasangan bilah Garuda di IKN <b>(Dokumentasi)</b> Pemasangan bilah Garuda di IKN (Dokumentasi)

Dibuat dengan teliti oleh seniman dan arsitek tanah air, Istana Negara IKN tidak hanya menjadi sebuah bangunan bersejarah, tetapi juga menjadi lambang kekayaan budaya Indonesia yang diwariskan dari generasi ke generasi. Keindahan seni patung yang dipadukan dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia membuat Istana Negara IKN menjadi salah satu karya budaya yang membanggakan.

Halaman

TERKINI

Load More
x|close