Hyundai Motor Suntik Dana Rp15 Triliun di Motional

NTVNews - 5 Mei 2024, 18:32
Adiantoro
Penulis & Editor
Bagikan
Ilustrai. Logo Hyundai. (Foto: Istimewa) Ilustrai. Logo Hyundai. (Foto: Istimewa)

Ntvnews.id, Jakarta - Hyundai Motor Group bakal menginvestasikan 1,29 triliun won atau sekitar Rp15 triliun di Motional, sebuah startup mobil otonom yang berbasis di Amerika Serikat (AS), untuk meningkatkan pengembangan teknologi dan mengamankan kendali yang stabil atas startup tersebut.

Dilansir dari The Korea Herald, Minggu (5/5/2024), Hyundai Motor akan menghabiskan 663 miliar won (Rp7,8 triliun) untuk peningkatan modal, dan 620 miliar won (Rp7,3 triliun) lagi untuk mengakuisisi 11 persen saham Aptiv di Motional, sehingga total saham raksasa otomotif tersebut menjadi 66,8 persen.

Tiga afiliasi raksasa otomotif tersebut, yakni Hyundai Motor, Kia dan Hyundai Mobis, akan mengambil bagian dalam peningkatan modal. Mereka akan menghabiskan masing-masing 665 miliar won (Rp7,8 triliun), 361 miliar won (Rp4,2 triliun), dan 257 miliar won (Rp3 triliun).

Transaksi tersebut diharapkan selesai pada kuartal ketiga (Q3) tahun ini, menurut laporan pendapatan kuartal pertama Aptiv.

Hyundai Motor dan Aptiv, sebuah perusahaan teknologi otomotif Irlandia-Amerika, masing-masing menginvestasikan US$2 miliar (Rp31,9 triliun) untuk mendirikan Motional sebagai usaha patungan yang setara pada Maret 2020.

Motional berfokus pada pengembangan dan komersialisasi otomatisasi tinggi Level 4, yang berarti kendaraan yang bisa mengemudi sendiri.

"(Investasi tambahan) diharapkan dapat meningkatkan daya saing teknologi Motional dengan menetapkan arah pengembangan teknologi dan meletakkan dasar untuk memperluas sinergi antar unit penggerak otonom di dalam (Hyundai Motor Group)," kata seorang pejabat Hyundai Motor.

Halaman
x|close